“Klinik Jiwa Atma” Milik Pemkab Garut, Dibuka Perdana dengan Pemeriksaan ODGJ dan Edukasi Jiwa Bersama RSJMM

GARUT, INFODESAKU – Klinik khusus yang memberikan pelayanan kesehatan jiwa milik Pemerintah Kabupaten Garut yang bernama “Klinik Jiwa Atma”, yang operasionalnya saat ini berada dibawah Puskesmas Karangpawitan Garut, berlokasi di Kp.Cipatat Desa. Cimurah Kec. Karangpawitan Kab. Garut Jawa Barat, dibuka secara perdana dengan memberikan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan kepada 10 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) oleh dr. Andi Hermansyah, beserta tim dari Puskesmas Karangpawitan Garut serta Penyuluhan Kesehatan Jiwa oleh Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, yang digelar di Aula Lantai 2 Klinik Jiwa Atma Karangpawitan Garut. Juma’at (04/02).

Kepala Puskesmas Karangpawitan Garut : H.Ajat Sudrajat Haryadi, S.Kep.,Ners, Membuka acara dengan mengucapkan terimakasih kepada Dinkes, Dinsos terutama RSJMM.

“Terimakasih kepada Dinkes, Dinsos terutama Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, yang telah hadir untuk memberikan Edukasi Kesehatan Jiwa,” ucapnya.

Kepala Seksi PTM & Jiwa Dinkes Garut, : H.Ujang Setiawan, S.Kep, Mengharapkan kehadiran RSJMM dapat meningkatka kepedulian keluarga terhadap ODGJ.

“Dengan hadirnya RSJMM dan dibukanya Klinik Atma, semoga keluarga lebih peduli terhadap ODGJ terutama pasien paska perawatan di rumah sakit jiwa setelah pulang ke rumah,” ungkapnya.

Eli Herli, sebagai Kabid Rehabsos Dinsos Kab.Garut, menambahkan bahwa Dinsos Garut akan berupaya bergandeng tangan dengan Dinkes Garut untuk menangani masalah ODGJ dari sisi sosialnya.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai PJ Lintas Sektor dan Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSJMM, yang didampingi oleh Sugih Setiaraharja, SKM. MKM, memberikan Edukasi atau Penyuluhan Kesehatan Jiwa dihadapan 50 peserta dari unsur Dinkes, Dinsos, Puskesmas, TKSK, Keluarga, Pendamping dan ODGJ, yang membahas tentang Peran Masyarakat dari bergagai unsur dalam penanganan masalah kesehatan Jiwa, yang disajikan dalam bentuk presentasi, simulasi, berbagi pengalaman, diskusi tanya jawab dan pemutaran video kegiatan pelayanan jiwa RSJMM, seraya membagikan Kalender RSJMM dan Majalah Dholphin kepada perwakilan setiap unsur yang hadir.

Klinik Jiwa Atma Karangpawitan Garut, diharapkan dapat menjadi pelayanan kesehatan Jiwa terpusat di Kabupaten Garut, sehingga menjadi model baru pelayanan kesehatan jiwa di Jawa Barat.

Kegiatanpun dipungkas dengan photo bersama, dengan jargon yang khas dan melegenda yaitu Stop Pasung dan Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri, menuju Garut Bebas Pasung dan Sehat Jiwa bersama RSJMM.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana

1 comentar

astri 05/09/2022 - 07:04

apakah bisa melakukan konsultasi kesehatan mental di klinik jiwa atma?

Add Comment