Pemdes Babulang Adakan Musdesus Penetapan Penerima BLT DD Tahun 2022 Secara Terbuka

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintah Desa Babulang , Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan mengadakan kegiatan Musdesus Penetapan Penerima BLT DD Tahun 2022. Musyawarah Desa Khusus penetapan penerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) DD (Dana Desa) tahun 2022 dilaksanakan di Balai Desa Babulang. Rabu (16/02)

Acara ini dihadiri oleh PJ Desa Babulang Zaidan SE, Zaini Kasi Kesos kecamatan Kalianda, Pendamping desa, pendamping PKH Desa Babulang, Ketua BPD, LPM, Fahmi Babinkamtibmas Desa Babulang, Djamari Babinsa Desa Babulang, Perangkat desa, Ketua RT, RW, Para Kadus serta tokoh masyarakat.

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) termasuk dalam skala prioritas dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2022. Sesuai peraturan presiden No 104 tahun 2021 bahwa minimal 40% dari Dana Desa tahun ini digunakan untuk BLT.

PJ Desa Babulang Zaidan SE, menjelaskan, Setelah melalui hasil rapat Musdesus pada hari ini, kita telah memilih 85 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang berhak menerima BLT sesuai 6 kriteria yang ada. Para penerima KPM akan mendapatkan BLT setiap bulannya sebesar Rp 300.000,00.

“Keinginan kami sih lebih, karena memang warganya ini masih banyak yang di bawah standar layak menerima, tapi apa boleh buatlah, pemilihan ini dilakukan secara terbuka kami lakukan, verifikasi terbuka melalui seluruh elemen, artinya elemen boleh menilai boleh mengajukan memilih secara objektif sesuai dengan syarat yang ada dan ketetapan peraturan pemerintah yang berlaku,” Ucap PJ desa Babulang Zaidan SE .

Lebih lanjut,  Mudah-mudahan yang terpilih itu tepat sasaran, walaupun ia tahu mungkin masih banyak orang yang dapat, tapi apa boleh buat.

“Saya rasa cukup adil hari ini seluruh aparat desa, elemen memilih, menentukan sendiri siapa sih RTM yang wajib dapat, jadi mudah-mudahan pada hari ini kita laksanakan Musdesus, ya tepat sasaran.” Jelasnya.

Masih kata Zaidan menambahkan, Untuk penerima BLT DD ini manfaatkanlah dana yang sudah dislot untuk mereka dapat menunjang kehidupan, sembari mencari pekerjaan yang memang layak, harapan kami dengan adanya BLT DD ini, sebagai stimulan untuk kesejahteraan, artinya warga bisa menikmati, bisa memanfaatkan dana ini semaksimal mungkin untuk kesejahteraan mereka.

“Ya kalau hal-hal lain mungkin tidak semua dapat, nanti warga yang tidak dapat kita data melalui data SIKS NG, ,kita akan ajukan kepada program yang lainnya, saya menghimbau kepada masyarakat Desa Babulang, untuk selalu menjaga protokol kesehatan yaitu selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan, Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir.” Pungkas nya

 

 

Laporan ; Wiji Lastini/ BR

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA