45 ODGJ dan Keluarga dapatkan Penyuluhan dan Pengobatan Serta Bingkisan Ramadan Gratis dari Puskesmas Cijujung, Bersama RSJMM

BOGOR, INFODESAKU – Riuh seluruh peserta sudah terasa sesaat setelah tiba di Puskesmas Cijujung, yang menyambut kedatangan Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dari RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM), yang beralamat di Jl.Dr.Sumeru No.114 Bogor 16111.

45 Peserta yang terdiri dari pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Keluarga ODGJ, Penanggung Jawab Pasien, Kader, Pendamping Penyandang Disabilitas Mental (PPDM), Petugas Kecamatan, Petugas Puskesmas Cijujung, dll, menghadiri kegiatan Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang digelar di Aula Puskesmas Cijijung, hari Kamis 21 April 2021, Pkl.09.00 s.d 12.00 WIB, merupakan kerja sama yang apik antara Dinkes Kab.Bogor melalui Puskesmas Cijujung, Dinsos Kab.Bogor melalui PPDM, serta Lintas Sektor di Kecamatan Cibungbulang, bersama RSJMM.

PKM Cijujung yang berlokasi di Jl.Raya Galuga KM.19 Kp.Purwabakti Desa RT.02 RW.04 Desa Cijujung Kec.Cibungbulang Kab.Bogor, saat ini dipimpin oleh dr.Yulianto sebagai Kepala Puskesmas dan dr.Mega Purnamasari sebagai Programer Jiwa, beserta 28 petugas lainnya, melaporkan bahwa, terdapat 72 ODGJ yang terdaftar di PKM Cijujung, dengan 43 ODGJ yang sudah rutin berobat ke puskesmas dan 20 ODGJ yang dilakukan rujukan langsung ke RSJMM, dengan kegiatan pelayanan kesehatan jiwa yang dijalankan seperti : Pemeriksaan dan pengobatan Jiwa rutin, Home visite, Pendampingan psikiater dan penyuluhan kesehatan jiwa bersama RSJMM.

Kepala Puskesmas Cijujung tampil perdana membuka acara dengan mengucapkan terimakasih kepada RSJMM, “Terimakasih kepada RSJMM, atas kehadiranya untuk memeriksa dan mengobati serta memberikan penyuluhan kepada pasien dan keluarga”.ucapnya.

Kepala Seksi Pendidikan dan Kesehatan Kec.Cibungbulang yaitu Ridwan, SAP. MA., yang mewakili Camat Cibungbulang, memberikan nasihat dan petuahnya kepada ODGJ dan Keluarga, “Sakit jiwa itu adalah karunia yang akan sembuh kembai bila kita sabar merawat dan mengarahkannya, jangan dibiarkan saja”. Ungkapnya.

dr.Lahargo Kembaren, Sp.KJ, sebagai Psikiater dan Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJMM, menyampaikan 5B agar Sehat Jiwa, “5B yaitu : Berobat, Bicara, Beraktifitas bekerja, Berolahraga dan Berdoa beribadah”. Imbuhnya.

Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Penyuluh Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang didampingi oleh Herni Setiawati sebagai sekertaris PPDM dan Yuyun sebagai PPDM Cibungbulang, yang didokumentasikan oleh Riyanto, S.Kom., dari bagian Hukormas RSJMM, menyampaikan pentingnya peran lintas sektor dalam pelayanan kesehatan jiwa, dihadapan 45 peserta yang hadir.

“Ada peran lintas sektor yang harus dilakukan guna memperlancar pelayanan kesehatan jiwa seperti, membantu pembuatan data kependudukan KTP dan KK, memfasilitasi sarana angkutan ke RSJMM, dll”. Pungkasnya.

19 ODGJ akhirnya berhasil dilakukan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis oleh PKM Cijujung yang didampingi Psikiater RSJMM.

Akhirnya Pemeriksaan dan pengobatan serta penyuluhan kesehatan jiwa secara gratis sukses dilakukan yang dipungkas dengan Pembagian Bingkisan Ramadan secara Gratis, untuk seluruh peserta yang hadir tanpa terkecuali.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Bupati Lampung Selatan Serahkan Bantuan Kendaraan Roda Tiga kepada Penderita Disabilitas

Wakil Bupati Azwar Hadi dan ketua PMI Lampung Timur Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Desa pasar Sukadana