Libur Lebaran Usai, DPMD Lamsel Minta Desa Wisata Untuk Berbenah

LAMSEL, INFODESAKU – Masa libur lebaran tahun 2022, sepertinya bakal berakhir hari ini, Minggu (8/5/2022). Kemudian, seluruh masyarakat muslim di tanah air akan kembali memulai aktivitas seperti biasanya pada hari Senin (9/5/2022).

Maka, lonjakan kunjungan wisatawan yang memadati sejumlah lokasi wisata khususnya di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), juga terprediksi bakal berkahir hari ini.

Karena itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, Erdiansyah mengimbau, khususnya bagi Desa Wisata di Kabupaten Khagom Mufakat ini untuk kemudian melakukan giat berbenah.

“Selama libur lebaran dari hari Selasa-Minggu, nipuluhan ribu wisatawan lokal dan pemudik memadati lokasi wisata yang ada di Kabupaten Lamsel. Maka itu, Dinas PMD mendorong desa-desa wisata atau desa yang memiliki objek wisata untuk berbenah pasca lebaran. Karena, wisata adalah potensi dan masa depan Lamsel, yakni dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat,”ujarnya kepada Infodesaku.co.id , siang tadi.via wa

Menurut Erdy, trend Desa Wisata di Lamsel akan terus berkembang. Sehingga, akan mewajibkan bagi masyarakat setempat untuk terus melakukan pembenahan dari berbagai aspek.

“Pembenahan itu diantaranya, mulai dari kelembagaan pengelola wisata, hubungan desa dan pokdarwis/pengelola/pokmas, atau hubungan desa dengan pemilik wisata. Agar desa kedepan mendapatkan manfaat dari sarpras yang ada,”imbuhnya.

Mantan Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Lamsel ini juga menuturkan, kedepan pihaknya bakal lebih konsentrasi untuk bagaimana alokasi Dana Desa (DD) bagi Desa Wisata dapat fokus untuk pembenahan.

“Harapannya, agar manfaatannya lebih terasa langsung. Ketika sarana prasana pendukung dan promosi memadai, wisata desa akan hidup dan maju. Maka akan berdampak bagi PAD desa. Untuk itu,”

PR terbesar adalah pembenahan kelembagaan dan sarana penunjang. Yaitu termasuk homestay, variasi, atraksi budaya, akses transportasi utama, dan promosi marketing,”harapnya.

Perlu diketahui, potensi wisata di Kabupaten Lamsel dapat terbilang kompleks. Dari potensi wisata pantai yang berada di kawasan Pesisir dari Kecamatan Rajabasa, Kecamatan Kalianda, Kecamatan Sidomulyo hingga pesisir Kecamatan Katibung Lamsel.

Selain potensi wisata pantai, di Lamsel juga terdapat wisata pegunungan, pemandian, Waterboom, hingga wisata alam dan taman bermain ada di kabupaten yang berada di ujung Pulau Sumatera ini.

Erdiansyah Kadis PMD menegaskan, ” Kedepan PMD akan lebih kosentrasi bagaimana alokasi anggaran dana desa bagi desa- desa wisata terfokus untuk pembenahan agar kemanfaatannya lebih terasa langsung ketika sarana prasarana pendukung dan promosi memadai ,wisata desa hidup dan maju, maka akan berdampak bagi PAD Desa,'” pungkas nya

 

Laporan : Wiji Lastini/ Yogi

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional