Warga Palembapang Sambut Baik Program Manjau Keliling Sehat Perawat Desa

LAMSEL, INFODESAKU – Pemdes Palembapang melaksanan kegiatan rutinitas keliling Manjau Sehat perawat Desa dengan mengecek tensi darah dan memberikan vitamin guna antisipasi kesehatan warganya pasca lebaran idul Fitri dengan cara keliling tiap-tiap Dusun yang ada di Desa Palembapang Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, Senin (09/05/2022).

Kegiatan rutinitas Manjau Sehat perawat desa Palembapang yang laksanakan oleh Yeni Ristiana, AMD Kep perawat desa Palembapang, Linda Wati staf desa, Saripah staf desa Palembapang dan di damping M Yusuf selaku Kadus 1 desa Palembapang yang di saksikan oleh Hendryadi SE,MM Kades Palembapang.

Hendryadi SE. MM kepala desa Palembapang saat wawancara dengan infodesaku.co.id Menjelaskan, ini Kegiatan rutinitas keliling atau yang saya sebut program Manjau sehat perawat desa ,didampingi aparatur setempat.

“Harapan saya warga senantiasa sehat sehingga dengan keadaan sehat semua bisa beraktivitas dengan baik, kemudian perawat desa bisa difungsikan sebagaimana mestinya dalam pelayanan kesehatan di desa,” paparnya.

Yeni Ristiana AMD Kep,selaku perawat desa mengatakan, sangat mendukung program Manjau sehat desa, untuk melakukan pengecekan tensi darah terutama lansia atau warga yang sedang sakit , karena ini sangat dibutuhkan masyarakat sekitar desa khususnya desa Palembapang.

“Giat keliling Manjau sehat desa yang pertama harus dilakukan tensi darah contohnya memberi vitamin, menjenguk warga siapa tahu ada yang sakit dan menerima keluhan-keluhan warga lagi demam atau sakit,” jelasnya.

Rosita salah satu warga Rt 02/ Rw 01 dusun 1 desa Palembapang mengatakan, dirinya sangat berterima kasih banget sama kepala desa Palembapang karena sudah melakukan rutinitas keliling mengantisipasi kesehatan untuk warganya takutnya habis lebaran banyak makan daging khawatir darahnya naik pasca habis lebaran warga di tensi darahnya.

“Alhamdulilah, terima kasih banget semoga lebih maju lagi,” ungkap Rosita

Hal senada M.Yusuf kepala dusun 1 desa Palembapang mengatakan, pemeriksaan tensi darah terutamanya dan kita laksanakan menyeluruh, jadi yang sudah dilaksanakan dusun 1 dan 2 dilaksanakan sebanyak 8 warga untuk hari ini.

“Mungkin kalau ada waktu di dusun lain kita laksanakan, kegiatan ini Giat rutin dari desa Palembapang agar dapat menyeluruh pelayanan ini bisa dirasalan oleh masyarakat,” terang M. Yusuf

Lebih lanjut, Selain giat rutin manjau sehat ini desa palembapang kecamatan kalianda Kabupaten Lampung selatan tetap aktif melakukan kegiatan posyandu balita Dan lansia yang memiliki tiga pos disetiap bulannya bersama bidan desa Dan kader PKK

“Saya berharap kepada warga selalu menjaga kesehatan dan tertib untuk segala hal,” pungkasnya.

 

 

Laporan : Wiji Lastini/BR

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra