DPMD Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek 70 Kades Terpilih

SUKABUMI, INFODESAKU – Sebanyak 70 Kepala Desa Terpilih tahun 2022 mengikuti Bimtek yang di selenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(DPMD) Kab.Sukabumi selama 2 hari bertempat di Hotel Sukabumi Indah,Kecamatan Sukabumi. Rabu (18/05/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Gun Gun Gunardi saat di temui di sela-sela kegiatanya kepada Infodesaku menyampaikan, dari 70 desa penyelenggara Pilkades, 29 Kades merupakan incumben sementara 41 lainnya merupakan Kades Pemula dengan 2 diantaranya merupakan wanita.

“Pelatihan ini memberikan pemahaman kepada kades terpilih tentang pemerintahan, wawasan kebangsaan, pengetahuan tata kelola pemerintahan desa serta pemahaman tentang bahaya narkoba,” ungkap Gun Gun Gunardi.

Lebih lanjut, Sebagai bahan catatan dan evaluasi di Pilkades 2022, Gun Gun menyebut bila terdapat permasalahan dapat diselesaikan selambat-lambatnya 3 hari setelah pencoblosan.

“Catatan bagi kami adalah bilamana terdapat ketidakpuasan akan hasil Pilkades, sebagaimana tertuang dalam Perbup dapat ditempuh satu pintu melalui panitia pengawas (Panwas) Pilkades dan setiap ditemukan permasalahan dapat diselesaikan dengan jeda waktu tiga hari sesuai Perbup,” jelasnya.

Terkait permasalahan masih ada warga yang tidak dapat menyampaikan hak suara, kepada awak media Kepala DPMD jelaskan masyarakat harus terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). Yang berbeda dalam Pilkades, mereka yang mencoblos harus tercantum dalam DPT , berbeda dengan Pileg atau Pilpres sepanjang mereka miliki KTP bisa memilih. Perbedaan yang mendasar ini sejak awal sudah Kami disampaikan.

“Kendati waktu cukup mepet dalam penyusunan DPT sangat padat namun kita dipandu oleh Peraturan. Ini yang harus dipahami bersama tahapan sebelum proses penyusunan DPT ditetapkan terlebih dahulu dilaksanakan pendataan daftar pemilih sementara (DPS) lalu daftar pemilih tambahan,” pungkasnya.

 

 

Laporan : BA

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA