Pemcam Sukaraja Dukung Penyuluhan dan Pengobatan Jiwa Masal serta Gratis dari Puskesmas Cimandala Bersama RSJMM

BOGOR, INFODESAKU – Perdana dalam menggelar kegiatan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat, berupa Pemeriksaan, Pengobatan dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa secara masal serta gratis, Puskesmas Cimandala langsung mendapat dukungan penuh dari Pemerintahan Kecamatan Sukaraja yang diwakili oleh Ibu Helena dan Pemerintahan Desa Cijujung yang diwakili oleh Ibu Lina, yang hadir khusus untuk memberikan ucapan selamat dan dukungan penuh terhadap pelayanan kesehatan jiwa masyarakat yang digelar oleh Dinkes Kab.Bogor melalui Puskesmas Cimandala dan Dinsos Kab.Bogor melalui Pendamping ODGJ, bersama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor dalam program kegiatan Pendampingan Psikiater dan Edukasi Kesehatan Jiwa Masyarakat.

Kepala Puskesmas Cimandala, : dr.Sulasiah Legiani, MARS., berserta dr.Dyptia Arisanti, sebagai Programer Kesehatan Jiwa, melaporkan bahwa, Puskesmas Cimandala yang berlokasi di Jl.Raya Jakarta Bogor No.51 Kec.Sukaraja Kab.Bogor, mempunyai 121 ODGJ yang terdaftar di puskesmas, dengan hanya sekitar 22 ODGJ yang aktif rutin berobat ke puskesmas, sedangkan sisanya ada yang berobat langsung ke RSJMM, ada yang sedang menjalani perawatan, ada juga yang putus minum obat, dan lain-lain.

Pelayanan kesehatan jiwa di Puskesmas Cimandala, berupa kegiatan : Konsultasi, Pengobatan, Deteksi jiwa, Kunjungan rumah, Penyuluhan, Evakuasi ODGJ, Pendampingan Psikiater, dll. “Terimakasih untuk tim kesehatan jiwa masyarakat RSJMM, yang hadir untuk memberikan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan jiwa kepada seluruh ODGJ dan keluarga yag hadir.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Penyuluh Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, dalam materinya menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam penanganan ODGJ, yang di ramu dalam bentuk presentasi, pemutaran video, simulasi, tanya jawab, photo bersama, dll, dihadapan sekitar 30 peserta, yang terdiri dari : ODGJ, Keluarga, Pendamping ODGJ, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Staf puskesmas, Perwakilan kecamatan, Perwakilan desa, dll.

Sementara dr.Iriawan Rembak Tinambunan, Sp.KJ., berhasil memeriksa dan mengobati sekitar 18 ODGJ yang hadir ke Puskesmas Cimandala, yang sebagian besarnya berasal dari wilayah Desa Cijujung Kec.Sukaraja Kab.Bogor.

Kegiatan dipungkas dengan photo bersama di spot-spot yang telah disediakan.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

Laporan : red/PKRS PKJN RSJMM

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Pekan Imunisasi Nasional Puluhan Balita Desa Cadasngampar Terima Imunisasi Polio

Kesehatan Reproduksi Perempuan Dalam Kasus Pernikahan Dini dan Dampaknya Bagi Generasi Penerus