Cegah Stunting Dengan Perbaikan Pola Makan,dan Pola Asuh anak

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka untuk memerangi stunting atau kasus gizi buruk ( gagal pertumbuhan) serta untuk memberikan pemahaman tentang Stunting, Pemerintah Desa kutamekar, Kecamatan cariu kabupaten bogor. menggelar kegiatan Rempug Stunting Desa yang bertempat di aula kantor Desa kutamekar Kecamatan cariu Kabupaten bogor. Selasa. (28/06/22).

Acara ini dihadiri oleh kepala desa, Kasi pemerintahan, kasi pkm Pendamping Desa, Bidan Desa, Kader Posyandu, pkk babinsa.sekcam( sekertaris kecamatan) Bpd. Rt, rw kasus. Karang taruna . Perangkat Desa.

Dalam Penyuluhan Rempug Stunting desa memberikan pemahaman cara mengatasi kekurangan gizi balita kepada masyarakat, khususnya kepada para ibu hamil dan ibu yang memiliki anak usia balita dengan harapan nantinya anak yang lahir dalam kondisi sehat serta pertumbuhannya tidak terhambat atau gagal.

Kegiatan Rempug Stunting di narasumberi oleh Pendamping desa . dan Kasi pemerintahan dan di buka oleh sekertaris Kecamatan dan di lanjuti oleh dinas kesehatan dari puskesmas Kecamatan cariu . Dan semua langsung memberikan penyuluhan tentang bahaya Stunting yaitu kekurangan gizi balita atau gagal pertumbuhannya.

Menurut Kepala Desa kutamekar Uteng atau yang di sapa asman mengatakan pentingnya menjaga pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih dalam rangka mencegah anak terlahir stunting atau kekurangan gizi terhambat pertumbuhan.

“Untuk ibu-ibu hamil harus selalu rutin memeriksakan kandungannya ke puskesmas atau bidan desa, sehingga kehamilannya dapat terpantau dan juga kepada bidan desa hendaknya lebih proaktif untuk memberikan pengertian terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan dan juga terkait kebutuhan gizi selama kehamilan dan kepada para balita,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, karena saat balita merupakan masa pertumbuhan selain kesehatan dan gizi harus terjamin untuk pertumbuhan bagi anak tersebut.

“Untuk menekan angka stunting khususnya di Desa kutamekar dan umumnya di Kabupaten bogor supaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas.” Pungkasnya.

 

Laporan : Endang 

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Pekan Imunisasi Nasional Puluhan Balita Desa Cadasngampar Terima Imunisasi Polio

Kesehatan Reproduksi Perempuan Dalam Kasus Pernikahan Dini dan Dampaknya Bagi Generasi Penerus