Yayasan PEKKA Adakan Sosialisasi Peran Perempuan Kepala Keluarga Di Desa Palembapang

LAMSEL, INFODESAKU – Yayasan PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) melaksanakan penjelasan tentang Visi Misi PEKKA bertempat di Balai Desa Palembapang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Jum’at (16/09/2022).

Eli Hartika Rini,S.pd selaku Koordinator Proyek PEKKA mengatakan, point awal nya sih bagaimana mengorganisir perempuan kepala keluarga yang ada di desa ini, dimana terfokus pada pencari nafkah utama yang mana memang statusnya dia adalah perempuan kepala keluarga tidak hanya pencari nafkah utama, tetapi ada beberapa kriteria yang memang masuk di PEKKA ini.

“Tujuan kedepannya setelah terbentuk kelompok atau serikat PEKKA desa ini, kami sudah berhasil mengorganisir kelompok perempuan kepala keluarga, dimana nanti kami akan memberikan beberapa peningkatan kapasitas ataupun pelatihan – pelatihan, yang dimana ini akan menjadi tonggak utama mereka, bekal mereka untuk bisa mengorganisir perempuan – perempuan lain nya , yang statusnya sama dengan mereka,” ungkapnya .

Lebih lanjut, Selain itu juga bagaimana mereka mengorganisir untuk menguatkan perempuan- perempuan lainnya yang memang mungkin memiliki masalah contoh nya masyarakat itu ada terkena KDRT ataupun poligami, nah dengan masalah – masalah yang di alami oleh perempuan – perempuan kepala keluarga diluar sana, mereka mampu menguatkan, itu dari kelompok – kelompok yang sudah kita Organisir.

” Kedepannya tidak hanya menguatkan masyarakat atau diri sendiri , mereka mampu mengembangkan desanya untuk bisa menjadi desa yang berdaulat, mereka mampu terlibat di ranah – ranah publik,” papar Eli Hartika Rini.

Di tempat yang sama Hendryadi SE.MM kades palembapang menambahkan, harapan kami tentu saja perempuan sebagai kepala keluarga, bisa menjadi motivasi tersendiri bagi mereka, sehingga bisa tetap menjadi wanita yang tangguh, mandiri sehingga bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, tetapi tidak hanya memenuhi keluarga, khususnya untuk desa Palembapang bisa berperan aktif juga ,Alhamdulilah desa Palembapang juga kami libatkan beberapa persen keterlibatan perempuan ketingkat aparatur kemudian tingkat pokmas dan kegiatan – kegiatan desa lainnya.

” Harapan kami tentunya dengan adanya kepengurusan PEKKA di desa Palembapang bisa lebih aktif lagi keterlibatan perempuan di desa untuk kesejahteraan ,” pungkasnya.

 

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa