23 Pendaftar Panwaslu Kecamatan di Lampung Selatan Tercatut di Keanggotaan Parpol

LAMSEL, INFODESAKU – Sebanyak 415 orang mendaftar sebagai Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Dari ratusan pendaftar itu, sebanyak 23 pendaftar di antaranya tercatut dalam website SIPOL atau Sistem Informasi Partai Politik.

Diketahui, Sebagaimana yang tercantum dalam syarat pendaftaran Panwaslu Kecamatan, yaitu pendaftar tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya 5 tahun pada saat mendaftar.

Ketua Bawaslu Kabupaten, Hendra Fauzi menyampaikan waktu pendaftaran saat ini sedang diperpanjang, pendaftar di 17 kecamatan sudah tercatat sebanyak 415 orang kemungkinan masih akan terus bertambah sampai waktu perpanjangan usai. Sampai hari ini Rabu, (5/10/2022) ditemukan sebanyak 23 pendaftar tercatut dalam keanggotaan partai politik yang berbeda.

“Terdiri dari dipatai PPP, Partai Pergerakan Kebangkitan Desa, Partai Umat, Partai Rakyat Adil Makmur, Partai Demokrat, Partai PAN, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Persatuan Indonesia, Partai Gerindra, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Golkar, dan Partai Hati Nurani Rakyat. Jika dikalkulasikan semuanya berjumlah 12 parpol,” Ungkapnya.

Lanjutnya, seluruh pendaftar yang tercatut dalam SIPOL harus memberikan klarifikasi seperti apa yang sebenarnya. Apakah pendaftar ini benar menjadi pengurus parpol atau hanya namanya yang dicatut oleh parpol tanpa sadar.

Tak hanya itu pendaftar juga harus mengklarifikasi keanggotaan itu pada KPU. Seperti apa nanti tanggapan KPU dan sejauh mana prosesnya. Selama proses itu, pendaftar masih belum dinyatakan gugur dalam proses pendaftaran.

“Seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang 1945, Bahwa setiap orang mempunyai hak memilih dan dipilih termasuk menjadi penyelenggara. Jadi kita semua ini bisa menjadi penyelenggara.” Pungkasnya.

 

 

Laporan : Yogi

Related posts

IPSM Kecamatan Ciampea Adakan Diskusi Koordinasi Antar Pengurus

Lomba Olahan Pangan Warnai Peringatan Hari Jadi Bogor 541 Kecamatan Sukaraja

Dampingi Pembagian BLT DD, Begini Kata Petugas Pengamanan