dr. Sheila Buka Sosialisasi BHD, Inginkan Siswa SMP Menjadi Pelopor

OKU TIMUR, INFODESAKU – Pembukaan Sosialisasi dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar bagi masyarakat Dihadiri Ketua TP. PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta ,Sp.A., M.Kes. Sekretaris Dinas Kesehatan Yakup, SKM., M.M., Assisten 3 Sutrisno, Kepala Disporapar H.M. Supardi, MBA. yang dilaksanakan di Binapraja 2, Senin (14/11/2022).

Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas atau henti jantung (cardiacarrest). Pada korban tidak sadar (periksa dengan goyang-goyang dan cubit untuk memastikan). BHD perlu dilakukan untuk mempertahankan hidup seseorang saat mengalami keadaan yang mengancam nyawa atau keadaan darurat. Bantuan hidup dasar ini dapat dilakukan oleh petugas medis maupun masyarakat umum yang sudah terlatih.

Kegiatan ini didasari oleh Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit dan Pelayanannya. Kegiatan ini diikuti oleh 30 guru olahraga dan 30 siswa SMP. Dengan diadakan sosialisasi BHD bisa memberikan edukasi agar siswa sekolah dan masyarakat bisa berperan penting dalam memberikan pertolongan pertama pada korban sebelum tim medis datang.

Dalam sambutannya, dr. Sheila mengharapkan agar peserta yang hadir di sosialisasi ini menjadi pelopor terlatih memberikan batuan hidup dasar di lingkungan sekolah dan di masyarakat masing-masing.

“Jadikanlah Sosialisasi dan Simulasi BHD ini sebagai tonggak ilmu sehingga adik adik dapat menerapkan di Sekolah masing masing pasca kembali dari kegiatan ini. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat untuk sesama”, ucap Sheila.

 

Laporan : Gia

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya