Pemerintah Desa Bojong Sosialisasikan Program PTSL

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Desa Bojong, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor dalam upaya mendukung program Pemerintah Pusat dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat Desa Bojong yang hadiri oleh Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, RT, RW serta Perangkat Desa, yang bertempat di aula Desa Bojong pada Kamis (19/01/2023).

Ade Nurdiana, S.KM selaku Kepala Desa saat ditemui diruang kerjanya dirinya mengatakan, alhamdulillah saat ini Desa Bojong kebagian Kouta 2.000 (Dua Ribu) bidang. Maka dari itu kita selaku Pemerintahan Desa Mensosialisasikan kepada masyarakat dari sekarang karena kalau untuk 2.000 (Dua Ribu) bidang tidak akan memenuhi kouta yang ada di bidang pertanahan.

“Maka dari itu saya merencanakan satu orang satu bidang tanah, karena pada umumnya di Desa Bojong ini satu orang memiliki beberapa bidang tanah tetapi kita untuk adil kepada masyarakat jadi satu orang satu bidang, mungkin program ini di rencanakan oleh BPN pada tanggal 30 Januari akan di laksanakan pematokan secara serentak, maka saat ini kita sosialisasikan kepada ketua RT dan RW agar dapat di sosialisasikan kepada masyarakat,” Jelas Ade.

Masih kata Ade Lebih lanjut, terkait biaya ukur nanti, dirinyapun belum bisa memutuskan terkait hal tersebut apakah di pungut biaya atau tidaknya karena khawatir adanya masyarakat yang menganggap Pungli (Pungutan Liar), jika pun memang ada kita dari pihak desa kepada BPN meminta dasar hukumnya.

“Karena yang nanti akan berhubungan dengan masyarakat langsung yaitu pihak desa langsung, kalau pihak BPN hanya menerima berkas, kalau pun pihak BPN mewacanakan memang ada kita minta dasar hukumnya dan besaran nominalnya jika memang di pungut biaya, karena kita pihak desa tidak ingin terjebak.” Pungkasnya.

 

 

Laporan : EPF 

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA