Komitmen Pemdes Pasirwaru Lestarikan Budaya

GARUT, INFODESAKU – Kurang dari empat bulan lagi menduduki kursi nomor satu di Desa Pasirwaru Kecamatan Balubur Limbangan, Yoni Nugraha terus berjuang dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada diwilayahnya demi kesejahtraan warga desa. Selasa, (31/01/2023).

Saat ditemui di Ruang kerjanya Yoni Nugraha menegaskan komitmennya untuk melestarikan dan memajukan seni budaya dengan kemasan wisata desa budaya dengan mengusung konsep ekonomi, ekologi dan edukasi meskipun jabatannya selaku Kepala desa kurang dari empat bulan lagi.

“Meskipun demikian saya akan terus berjuang mewujudkan desa wisata budaya demi mensejahtrakan warga”, tegasnya.

Yoni juga mengatakan pelestarian dan pengembangan budaya ini sangatlah penting, terlebih di Desa Pasirwaru ada dua seni budaya buhun yang nyaris terkikis zaman dimana seni tersebut adalah Badawang Pasirwaru yang mana kesenian tersebut merupakan seni asli Jawa Barat yang saat ini hanya ada di Kabupaten Bandung Timur dan Kabupaten Garut yang kedua seni Terbangan peninggalan Abad ke-13.

“Upaya pelestariannya kami memasukkan semua seni budaya dan pedidikan Agama maupun pormil yang ada didesa kedalam masterplan wisata desa budaya yang Insyaallah terrealisasi di tahun ini”, paparnya.

Wisata desa budaya bisa rampung dan terwujud 100% di tahun 2025 itupun jika dirinya dipercaya kembali untuk memimpin Desa Pasirwaru.

 

 

  • Laporan : BHEGIN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional