Penyaluran pupuk subsidi di Desa Sidorejo tidak tepat sasaran

LAMTIM, INFODESAKU – Penyaluran pupuk subsidi di Desa Sidorejo kecamatan sekampung udik ,kabupaten Lampung timur di duga tidak tepat dan bermasalah. Pasalnya , salah satu petani setempat mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi ,Senin (23/01/2023).

Salah satu petani asal Desa Sidorejo mengeluhkan susah nya mendapatkan pupuk subsidi,padahal tanaman padi sudah hampir lewat masa pemupukannya.

Para petani di dusun 4 desa Sidorejo ,kecamatan sekampung udik kabupaten Lampung timur ini sangat keluhkan belum mendapat kan pupuk subsidi,padahal mereka sudah tergabung dalam kelompok tani dengan no registrasi yang terdaftar, fakta berbeda dengan beberapa kelompok tani yang ada hubungan dekat dengan ketua Gapoktan ini ternyata sudah mendapat kan pupuk subsidi, tentunya hal ini menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat setempat.

” Iya dari bulan Agustus tahun lalu kami disi kesulitan mendapatkan pupuk subsidi,padahal rata- rata kami disini sudah ikut kelompok tani ,tapi kelompok tani kami malah belum mendapatkan ,walaupun sudah di siap kan uang nya,yang jadi pertanyaan kami, kenapa kelompok tani yang ada hubungan saudara dengan ketua Gapoktan tetap dapat jatah pupuk subsidi,tapi kelompok tani kami tidak mendapat ” ungkap salah satu warga yang tidak mau di sebutkan namanya.

Masih kata warga dusun 4 Desa Sidorejo yang identitas nya juga tidak mau di sebutka, Dia tidak berani tanam jagung karna takut tidak ada pupuk,

” Saya sampai tak berani tanam jagung karna takut tidak ada pupuk subsidi, biaya tanam jagung kan mahal dan lumayan besar,kalo pakai pupuk nonsubsidi jelas biaya membengkak,petani kecil seperti kami ini mana ada modal,kami kurang paham kalo masalah kartu tani ” ujarnya.

Sementara Y ( 26 ) yang juga warga Sidorejo mengatakan hal yang sama ,bahkan beliau sudah pernah ke pengecer atau kios yang ada di Desa Sidorejo ini namun tidak boleh di beli dengan alasan karna ini sudah jatah kelompok tani yang lain,kata pemilik kios.

Saat awak media infodesaku co.id. mendatangi kediaman pemilik kios atau pengecer pupuk subsidi dan kediaman ketua Gapoktan Desa Sidorejo untuk konfirmasi kedua- duanya sedang tidak ada di tempat.

Masyarakat berharap kepada komisi pengawasan pupuk dan pestisida ( KP3 ) Dinas pertanian dan DPRD Lampung timur agar bisa turun langsung kontrol ke lapangan,terutama di Desa – desa biar tau pemerataan bantuan pupuk subsidi bagi yang benar- benar layak untuk mendapatkan nya.

Sampai saat ini pihak penyuluh pertanian kecamatan sekampung udik belum bisa di konfirmasi oleh awak media infodesaku co.id. terkait keluhan masyarakat Desa Sidorejo masalah pupuk subsidi.

 

 

Laporan : Ridwan

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya