Pemdes Babakan Raden Lestarikan Budaya Dengan Adakan Hajat Bumi

BOGOR, INFODESAKU – Guna Melestarikan adat istiadat atau budaya Pemerintahan Desa Babakan Raden Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Hajat Bumi yang mana kegiatan tersebut biasa dilaksanakan setiap tahunnya.

Kepala Desa Babakan Raden Salvator Taringan mengatakan, hajat bumi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas semua karunianya yang memberikan hasil panen yang melimpah kepada warga Desa Babakan Raden.

“Acara hajat bumi ini sudah merupakan tradisi tahunan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Babakan Raden umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, serta rizki yang melimpah,” ungkap Salvator saat ditemui diruang kerjanya pada Jum’at (03/03/2023).

Lebih lanjut, kegiatan ini murni anggaran dari masyarakat bukan dari kepala desa karena kegiatan ini dari rakyat untuk rakyat, acara hajat bumi ini dilaksanakan selama dua hari yang mana nanti malam akan ada acara siraman rohani yang akan kita hadiri seluruh para kiyai yang ada di Desa Babakan Raden, dan di hari kedua ada hiburan jaipong.

“Karena kegiatan ini tradisi di Desa Babakan Raden jadi semua anggaran murni partisipasi dari masyarakat dan kegiatan ini pun baru dilaksanakan lagi karena tahun lalu terhambat oleh covid-19 yang mana tidak dibolehkan untuk adanya keramaian,” ucapnya.

Masih kata Salvator dirinya berharap dengan acara hajat bumi ini dapat mempersatukan kesatuan agar tidak terpecah belah, karena pada saat pemilihan kepala desa lima tahun yang lalu adanya pro dan kontra. Bagaimana caranya dirinya merangkul semua kalangan masyarakat karena kita ada sama-sama satu Desa Babakan Raden.

“Harapan saya dengan adanya hajat bumi ini semoga kedepannya sukses semua, tidak adanya pecah belah kesatuan dan keutuhan di Desa Babakan Raden,” pungkasnya.

 

 

Laporan : EPF

 

 

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau