Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Bumdes Nagrak Utara Harus Dijadikan Pelopor Bagi Bumdes Yang Lain

SUKABUMI, INFODESAKU – Bumdes Nagrak Utara dilaunching. Sejumlah gerai UMKM ternyata sudah berbasis digital. Unit simpan pinjamnya pun tergolong sangat sehat, caksplownya mencapai 99 persen.

“Saya rasa ini sudah sangat luar biasa. Bumdes seperti inilah yang memang diharapkan ada ditiap desa dan tiap kecamatan, yaitu bisa membantu masyarakat dalam wirausaha,” demikian dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat hadir dalam launching Bumdes di Nagrak Utara, Selasa (14/3/2023).

Politisi dari Partai Gerindra ini juga mengatakan: “saya melihat ibu-ibu yang berwirausaha terutama di komuditas makanan terlihat antusias. Masyarakat pun mempunyai sebuah harapan yang sangat besar terkait permodalan untuk usahanya yang memang harus betul-betul didukung”. Ucapnya.

Yudha juga mengatakan, Bumdes yang ada di Kabupaten Sukabumi harus betul betul berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi, termasuk soal permodalannya.

“Saya mendoakan Bumdes yang tadi dilounching bisa melakukan diversifikasi usahanya, tidak hanya simpan pinjam tetapi diversi usaha yang kira-kira betul-betul diharapkan oleh masyarakat,” ujarnya.

“Memang Nagrak ini sangat dekat dengan daerah utara perbatasan Bogor, sehingga perlu langkah-langkah yang baik dan juga starting agar lebih baik lagi, lebih mantap lagi dan juga bisa membawa ekonomi masyarakat lebih baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Yuda Bumdes di Nagrak Utara ini, harus dijadikan sebagai pelopor bagi Bumdes yang lain untuk bisa melakukan sesuatu hal yang berdaya guna untuk masyarakat. Pengelolaannya harus terbuka, akuntabel.

“Bayangkan 381 desa di Kabupaten Sukabumi diisi dengan Bumdes yang aktif, saya rasa ini akan menjadi tulang punggungnya masyarakat Kabupaten Sukabumi dan di desa-desa. Komuditas mana yang unggulan yang bisa dipromosikan,”terang Yuda.

“Jadi peran Bumdes tidak hanya pembiayaan, tidak hanya dalam pembinaan tetapi harus bisa melihat peluang yang ada di desa untuk bisa dijadikan dunia bisnis terutama bisnis home industri. Sekarang jaman digital, maka bisa dimanfaatkan dalam mempromosikan barang. Ini langkah besar, promosi melalui sistem digitalisasi,”jelasnya

 

 

Laporan : BA

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya