UPTD Puskesmas Batumarta VIII Laksanakan Rapat Loka Karya Mini Lintas Sektoral

SUMSEL, INFODESAKU – Lokakarya Mini Lintas Sektoral adalah suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, guna memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas.

Hari ini bertempat di ruang rapat Puskesmas Batumarta VIII, Kecamatan Madang Suku III, Kabupaten OKU Timur, melaksanakan kegiatan Loka karya Mini Lintas Sektor melalui kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sektor, Senin (20/03/2023).

Kegiatan ini di hadiri oleh Camat Madang Suku III, Heri Kurniawan, S.T., yang di wakili oleh Kasi PMD, Wiyarto, S.IP., Kepala Puskesmas Batumarta VIII, dr. Rudi Isnawan, Pemateri Kegiatan, dr. Komang Susilowati.

Dalam Sambutan nya Kepala Puskesmas Batumarta, dr. Rudi Isnawan mengucapkan ribuan terima kasih pada seluruh tamu undangan bisa hadir dalam pertemuan ini.

“Rapat Loka Karya Lintas Sektoral Triwulan Ini merupakan tindak lanjut dari kita rapat ataupun musyawarah keliling di Desa, perlu di ketahui yang kita sampaikan ini sebenernya kita bukan mencari masalah atau mengorek ngorek masalah, ini melalui survey yang kita lakukan walaupun tidak 100℅, Bila nanti ada temuan” di Desa- Desa yang kurang pas mohon motivasinya.”ucap Kepala Puskesmas Batumarta VIII, dr. Rudi Isnawan.

Pada kesempatan ini dr. Rudi Isnawan menghadirkan BPJS Kabupaten OKU Timur, guna untuk mengetahui tentang BPJS, baik keanggotaan nya baik yang tidak aktif atau dari segi pelayanan.

Selanjutnya dr. Rudi juga mengatakan ada beberapa hal yang sangat penting di wilayah madang suku III mengenai merokok di lingkungan sekolah.

“Bila Puskesmas berbuat sendiri mungkin tidak mampu, dari itu saya merangkul seluruh Kepala Desa, Bapak Camat, Babinsa, Babinkantibmas, untuk bersinergi, bagaimana melarang anak – anak sekolah membeli Rokok khususnya anak di bawah umur.” Ujar dr.Rudi Isnawan.

Di tempat yang sama Camat Madang Suku III, Heri Kurniawan, S. T., melalui Kasi PMD, Wiyarto, S.IP., mengatakan pada saat ini masih gencar gencarnya kegiatan baik di Desa maupun di dinas Kesehatan.

“Oleh sebab itu perlu adanya upaya koordinasi, simbolisasi terkait data yang ada di desa maupun pihak puskesmas Batumarta VIII, perludi ketahui bahwa di Desa-desa ini ada beberapa aplikasi yang perlu di selesaikan, ada aplikasi Desa Cantik, Desa wisma dan Aplikasi lainnya.” Jelas Wiyarto.

Ia pun Berharap kepada desa desa untuk selalu berkoordinasi dalam melangkah atau menginput semua data.

“Kalau sudah bersinergi pihak puskesmas dan desa semua akan mudah, bila data itu sama tidak ada tumpang tindih data insya allah semua akan berjalan lancar.” imbuhnya.

Lanjut sebagai penyampai Materi dr. Komang Susilowati menyampaikan jadwal pelayanan IGD Puskesmas Batumarta 24 jam, Pengobatan umum Senin sampai Sabtu.

“Untuk Progam TB Paru 13 orang target 2023 80℅ , 20% setiap triwulan, Untuk Kesehatan jiwa jumlah Pasien ada 63 orang, 30 orang minum obat di Puskesmas, 2 orang di RSUD, 31 Orang tidak minum obat di karenakan keluarga pasien tidak proaktif kurang patuh mengkonsumsi obat.” Jelas dr. Komang Susilowati.

Ia pun menyampaikan Puskesmas Batumarta juga melakukan kegiatan di luar gedung seperti Posyandu Balita, Posyandu Remaja dan posyandu lansia.

“Untuk Posyandu Balita saat ini masih ada masalah seperti masih ada beberapa golongan yang melarang anak di imunisasi, Posyandu Remaja dan lansia masih ada yang tidak ikut posyandu.” Pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua K3S Kecamatan Madang Suku III, Kepala BPJS Kesehatan OKU Timur, Seluruh Kepala Desa Kecamatan Madang Suku III, Kepala KUA Madang Suku III, Babinsa, Kapol subsektor Madang Suku III, Bidan Desa dan Ketua Pustu wilayah kerja Puskesmas Batumarta VIII serta staf Puskesmas Batumarta VIII.

 

Laporan : Imam suryadi

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya