Pemdes Kompa Realisasikan Dana Desa, Bangun Infrastruktur Jalan

SUKABUMI, INFODESAKU – Pemerintah Desa Kompa Kecamatan Parungkuda mulai giat bangun Infrastruktur Jalan di wilayah Desa Kompa, Minggu (14/05/2023).

Awak media Infodesaku, menanyakan kepada Kepala Desa Kompa Hj. Yuli terkait pembangunan Infrastruktur jalan di wilayah Desa Kompa Kecamatan Parungkuda, Kepala Desa Hj. Yuli mengatakan, ” terkait pembangunan jalan yaitu di cor jayamix dengan anggaran Rp.128.000.000,- “, Katanya Kades Kompa Hj. Yuli.

Lanjutnya, untuk pengerjaan dan perapihan itu di perkirakan sekitar kurang lebih tiga hari, anggaran pembangunan jalan ini bersumber dari Dana Desa.

Sambungnya, kebetulan kita ada jalan Nusatani memang sudah sangat rusak jadi kita laksanakan perbaikan – perbaikan jalan.

Kades Kompa di tanyakan juga oleh awak media terkait apa akan ada perencanaan membuat gorong – gorong, lalu Kades Hj. Yuli menjawab, ” kalo untuk rencana memang kita mengharapkan ada anggaran dari Pemerintah pusat untuk drainase nya itu sebenarnya, dan untuk jalannya pun itu belum terkaper semua, Ungkapnya

Selanjutnya, baru sepanjang 250 Meter yang sudah terlaksanakan kemarin, lebarnya 3 Meter, nah itu ada sepadan jalan yang memang yang harus di swadayakan kepada masyarakat juga.

Sambungnya, karenakan kalo tidak di swadayakan itu agak tinggi dan takutnya nanti misalkan jeblos motor atau ban mobil itu khawatir seperti itu.

” Kita sudah koordinasi sama ketua rt, rw sekitar untuk ada swadaya dari masyarakat mudah – mudahan saja mereka antusias “, Katanya.

Kades Kompak pun mengatakan kembali, saya sangat greget itu masih belum ke kaper semua dari total panjang jalan 1600 Meter baru terkaper 250 Meter, dan untuk pembangunan drainase sendiri tidak bisa di anggarkan dari Dana desa saja apalagi hanya di kerjakan sepotong dulu, jd anggaran nya harus besar dan harus sekaligus, dan baru bisa terealisasi. Ucapnya.

Harapan kita dari Pemerintah Desa Kompa kepada Pemerintah pusat dan daerah terutama di PUPR, ” kita berharap dari Pemerintah pusat baik PUPR untuk Kementrian Desa itu ada bantuan khusus atau aspirasi dan kami sangat berharap kembali karna kalau hanya dari anggaran DD itu ada keterbatasan dan di situ ada beberapa pos yang sama – sama urgent kan “, Katanya.

Sambungnya, kalau dari aspirasi atau penambahan anggaran itu mungkin bisa di nikmati oleh masyarakat karena itu juga selain jalan Desa itu juga jalan poros Desa, jadi nembus ke beberapa Desa.

Lanjutnya, untuk alternatif itu juga sekarang jalan cidahu di tutup kan ini jadi jalan alternatif bagi pengguna jalan roda dua, roda empat dan kebetulan disini juga banyak sekolah yang di alkahsat lewat sini juga.

Kemudian, para pekerja – pekerja pabrik kalau pagi – pagi itu padat banget, makanya kalau jalannya rusak itu kasian mereka di samping itu kita takut ada yang celaka, jatoh atau terpeleset dan sebagainya.

Disinggung oleh awak media terkait jalan nusatani Kades Kompa Hj. Yuli mengatakan, ” kalau keluhan sih hampir tidak ada, tp sebelum di perbaikan memang ada keluhan dan itu memang sangat – sangat mengganggu karenakan disini para petani membawa hasil panen terus kalau bawa pupuk dan sebagainya itu sangat terhambat, Ungkapnya.

Lanjutnya, namun setelah di perbaiki jalannya ya alhamdulillah antusias warga sangat positif.

Di sela – sela obrolan awak media Infodesaku dengan Kepala Desa Kompa Hj. Yuli berpesan kepada masyarakat, ” Pesan saya kepada masyarakat setelah kami berusaha memperbaiki dan merawat jalan itu berharap warga pun bisa sama – sama merawat jalan itu dan bisa ada swadaya untuk sepadan jalannya itu “, Pesan Kades Kompa Hj. Yuli.

 

Laporan : BA

Related posts

Pemdes Tajimalela Berkeringat Bersama Warga

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

DD Cair, Pemerintah Desa Tajimalela Buka Badan Jalan Ketahanan Pangan Dusun 4