Curug Sedong Dan Guha Ciwadon Potensi Wisata Desa Cibodas Jonggol

BOGOR, INFODESAKU – Aliran Sungai Cipatujah di Kecamatan Jonggol, Kabupaten bogor punya potensi wisata air terjun (curug) yang indah. Yakni air terjun yang akrab disebut Curug Sedong

Curug Sedong terletak di Kampung Cibodas RT. 02/01, Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol. Pemerintah Desa dibantu masyarakat setempat mulai membenahi akses jalan menuju curug ini.

Kepala Desa Cibodas, Suhanda Anda Permana menerangkan,” Curug Sedong merupakan salah satu potensi wisata di desanya yang harus dimanfaatkan secara maksimal. Curug ini berada di area pertanian dan perhutanan.

“Aliran Curug Sedong bermuara di Cikarang Jonggol. Meski tingginya kurang lebih hanya 10 meter, tapi Curug Sedong punya cekungan yang lebar dan debit air besar. Wisatawan dijamin berdecak kagum melihat keindahannya,” ujar Suhanda saat ditemui di kantor desa nya. Selasa (16/01/2018).

“Tidak sekadar wisata, Curug Sedong juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air yang menantang andrenalin pengunjung. Misalnya melalui seperti free jump atau lompat bebas dari atas curug, river tubbing, atau sekadar berenang. Curang Sedong punya cekungan yang dalam dan besar.

“Hanya saja kami perlu menyiapkan sumberdaya manusia dan peralatan untuk mendukung itu semua,” terang Suhanda.

Untuk memaksimalkan fungsi wisata Curug Sedong, pemerintah desa bersama masyarakat setempat mulai membenahi akses jalan menuju curug tersebut. Selain itu, Pemerintah Desa Cibodas juga berencana membekali masyarakat dengan pemahaman tentang wisata yang berwawasan lingkungan.

“Jadi kita siapkan dulu semuanya, baik akses maupun sumberdaya manusianya. Jangan sampai, setelah akses terbuka tempat yang dulunya bersih dan alami malah berubah menjadi kotor dan banyak sampah. Perlahan tapi pasti kami bangun pariwisata di desa Cibodas.

Tambah Suhanda,”bahakan selain Curug ada juga Objek wisata lainnya yang berada di desa Cibodas ini diantaranya,” Guha Ciwadon yang berlokasi di kampung Cibodas RT. 01/01 dan Rumah Pohon Jonggol Garden yang terletak di Kampung Gunung Leutik RT. 01/01.”Pungkasnya.

Laporan : ANDI. F

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu