Keindahan Objek Wisata ” Bukit Cinta” di Pamekasan

PAMEKASAN, INFODESAKU- Bukit Cinta (BC) yang terletak di kota Pamekasan, merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Jika kalian datang untuk berkunjung ke kota gerbang salam pamekasan, Jawa Timur, kurang lengkap rasanya jika belum menikmati tempat rekreasi yang bernama “Bukit Cinta”, yakni bukit buatan yang berbentuk hati di lokasi tempat wisata.

Objek wisata keluarga ini terletak di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, sekitar 2 kilometer ke arah timur laut Kota Pamekasan.

Selamat pagi madura (SPM) merupakan tempat wisata buatan (non-alami) yang dikelola oleh pihak swasta di Kabupaten Pamekasan, Madura.

Pemberian nama SPM sendiri terinspirasi oleh tayangan Selamat Pagi Indonesia, sehingga pengelola memberikan nama Selammat Pagi Madura atau yang lebih dikenal SPM Bukit Cinta.

Awal mula pembangunan tempat wisata SPM karena di Pamekasan sangat minim tempat wisata dan kebanyakan tempat wisata berada di Kabupaten Sumenep.

Sehingga Pengelola berinisiatif menciptakan tempat wisata bernuansa Eduwisata, di mana pengunjung bisa belajar sambil bermain.

Pengunjung juga dapat menikmati beberapa wahana seperti kolam renang anak, kolam ikan, “flaying fox”, becak mini, permainan berkuda, panahan, lalu kafe yang menyediakan makanan khas Pamekasan serta mushola dengan “design” yang sangat unik dan menarik.

Harisandi Savara selaku direktur SPM Bukit Cinta menuturkan Sarana kebun binatang mini, danau ‘love’ dan kolam renang dewasa terpisah antara pria dan wanita, merupakan pengembangan untuk menambah minat dan daya tarik masyarakat berkunjung kesini.

Salah satu Ikon SPM yang menarik perhatian pengunjung adalah Bukit Cinta. Di mana bukit cinta sendiri merupakan buatan manusia karena tanah, di area SPM memiliki kuntur tanah yang datar sehingga pengelola harus mempunyai inovasi untuk menarik minat pengunjung dengan rasa penasaran tentang Bukit Cinta.

Tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau bagi semua kalangan, cukup dengan membayar Rp20.000 pengunjung sudah bisa menikmati wahana yang ada di SPM, kecuali anak-anak yang mempunyai tinggi badan dibawah 70 cm dapat masuk ke SPM secara gratis.

Objek wisata ini, tergolong objek wisata baru di Kabupaten Pamekasan. Namun demikian, objek wisata ini, tergolong ebjek wisata yang paling digemari oleh masyarakat Pamekasan, karena konsep pengelolaan terpadu antara tempat hiburan dengan pendidikan secara terpadu, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk menghabiskan liburan di lokasi ini.

Nuasan alam yang nampak seperti alami menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Pamekasan dan Madura pada umumnya untuk datang ke objek wisata ini. (Agus Yanto)

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu