Pendidikan Karakter Ala SMK BBI

BOGOR, INFODESAKU – Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Banyak ragam cara untuk mendidik karakter salah satunya dengan olahraga, sebagaimana dilakukan oleh SMK Bina Bangsa Indonesia Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Dalam penjelasannya Roiny Risani selaku guru kesiswaan disela-sela kegiatan tournament Bola Voli antar SMA, SMK dan MA yang digelar di Alun- alun Limbangan, Garut, Senin,  (29/1) mengatakan. Tournament ini yang menyelenggarakan adalah sekolah kami dengan jumlah peserta 40 tim, terdiri darì 31 putra dan 9 putri dari dua kabupaten, 15 kecamatan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antar SMK sederajat agar satu sama lainnya saling mengenal disamping mempromosikan keberadaan SMK kami.

Selain itu Roiny menggaris bawahi inti dari tournament ini adalah sebagai sarana untuk membentuk karakter siswa, karena dalam olahraga ada nilai sportivitas yang harus dijungjung tinggi, disini ajang untuk mencari kawan bukan untuk mencari lawan.

“Dengan olahraga bakat mereka tersalurkan dengan demikian hal- hal negatif yang mempengaruhi mereka bisa diminimalisir skecil mungkin dan kami pun lebih mudah dalam melakukan pengawasan dan pembinaan dalam pembentukan karakter mereka,” jelasnya dengan nada penuh optimisme.

Laporan : Bhegin

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove