Kades Tejang Pulau Sebesi Siap Menerima 3 Agenda Dari Pendamping Desa

LAMSEL, INFODESAKU – Dalam rangka  Pendampingan Desa, Pendamping Desa Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan mengunjungi salah satu dari 16  desa yang berada di Kecamatan Rajabasa  yaitu Desa Tejang Pulau Sebesi. Sabtu, (10/02).

Dalam kunjunganya tersebut, Pendamping desa membawa 3 agenda kegiatan di desa Tejang Pulau Sebesi yaitu :

membuat sample beton untuk pembangunan jalan material lokal dan akan dilakukan uji labiratorium untuk memperoleh gambaran komposisi campuran material.

Sosialisasi Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yaitu Menteri Keuangan, Mendagri, Menteri Desa PDTT, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional tentang Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan mengalokasikan 30 % dari total kegiatan fisik untuk membayar Harian Orang Kerja (HOK), yang mana hal ini dilakukan untuk menyerap semakin banyak tenaga kerja dan memperoleh penghasilan

kegiatan survey dan pengukuran rencana kegiatan fisik tahun 2018, tujuannya untuk memastikan lokasi kegiatan yang akan dibangun serta menghitung analisa kebutuhan anggaran.

Survey dilakukan bersama Pemerintah desa, Tim Penyusun Desain dan RAB. Berdasarkan data survey tersebut kemudian disusun perencanaan anggaran dengan tetap memperhatikan alokasi 30 % dari total anggaran kekuatan fisik untuk membayar HOK.

Kedatangan tim Pendamping desa di sambut hangat oleh Umar Yuni selaku Kades Tejang Pulau Sebesi beserta aparaturnya, Ia pun mempersilahkan kepada pendamping desa untuk memberikan arahan dan petunjuknya, serta apa yang akan di contohkan oleh pendamping tersebut dan memerintahkan jajaranya untuk mempersiapkan apa saja yang di perlukan oleh pendamping desa.

“Terima kasih kepada pendamping desa yang sudah mengunjungi desa kami, kami siap dan akan mendengar arahan dan petunjuknya, karena arahan tersebut akan kami jadikan pelajaran dan pak Sekdes tolong siapkan apa saja yang diperlukan pendamping desa, ” sambutnya.

Dalam penyambutannya, Umar berharap ketika Pendamping desa selesai memberikan 3 agenda nya dan mensurvei lokasi pembangunan untuk tahun 2018, agar memprioritaskannya karena pembangunan yang akan di bangun nanti telah melalui pembahasan di Forum Musyawarah Desa (Musdes).

“Kami berharap untuk memprioritaskan lokasi yang akan di bangun  karena lokasi ini sudah melalui pembahasan di forum Musdes kami, ” harapnya.

Umar Yuni menambahkan harapanya terkait pemanfaatan potensi sumber daya lokal yang menurutnya apapun hasil dari uji laboratorium, hendaknya menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten, bahwa dengan segala pertimbangan ada perlakuan khusus tentang pengaturan pembangunan standar jalan di desa tersebut .

” Kami mendukung program Bupati Lamsel yang mengaharuskan pembangunan jalan dengan standar K 225, tapi karena dengan pertimbangan material lokal yang tidak memungkinkan, untuk itu dan Kalaupun material itu dikirim dari luar Pulau, pertimbanganya Efisiensi anggaran juga harus diperhatikan,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Juanda selaku Pendamping desa saat di jumpai Infodesaku untuk di mintai tanggapannya mengenai harapan Kades Tejang Pulau Sebesi, mengungkapkan harapan Kades tersebut adalah hal yang wajar karena Ia beranggapan desa tersebut terletak  di Pulau dan berada di tengah laut.

“ Desa Pulau Tejang Sebesi letaknya berada di Pulau, berbeda dengan desa lainnya yang berada di Kecamatan Rajabasa ,letak desa lainnya berada di wilayah daratan . Jadi hal yang wajar jika dia berharap seperti itu, nanti setelah saya sampai di daratan akan saya laporkan kepada Kecamatan mengenai harapan Kades tersebut , apa lagi ada dari media Infodesaku mudah-mudahan mereka yang di atas membaca beritanya jadi mereka bisa tahu harapan tersebut. ” pungkasnya.

Laporan : Safarudin

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove