Antisipasi Kanker Rahim, Warga Desa Babakan Jaya Diperiksa

SUKABUMI, INFODESAKU – Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, Pemerintah Desa Babakan Jaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, mengadakan IVA test warganya untuk mendeteksi dini penyakit kanker rahim, di Poskesdes Desa Babakan Jaya. Rabu (28/02).

Kepala Desa Babakan Jaya, Tresna Sundari, kepada awak media usai acara pemeriksaan mengatakan, perlunya diadakan pemeriksaan bagi warganya untuk mengantisipasi penyakit kanker rahim agar mudah dalam penanggulangan jika ada warga yang terdeteksi mengidap penyakit ini.

“Bagi warga yang terdeteksi berpotensi mengidap penyakit kanker rahim dapat diketahui dini dengan adanya pemeriksaan ini nantinya dapat diobati sebelum penyakitnya mencapai stadium lanjut, ” ujar Kades.

Lanjutnya, Tresna Sundari menambahkan, mengingat sejak 2017 sewaktu dirinya menjadi bidan Desa di Babakan Jaya, di temukan ada 3 orang kasus kanker rahim yang berakhir dengan kematian karena rata rata mereka di ketahui sudah stadium lanjut.

“Saya tidak mau lagi ada warga yang meninggal karena kasus ini, seperti ketika saya menjadi bidan desa Babakan Jaya, karena kanker rahim adalah penyakit yang mematikan, maka saya berharap bagi para perempuan agar sejak dini mengetahui masalah kesehatannya, jika sejak dini bisa kita ketahui dan tertangani Insha Allah akan mengurangi angka kematian, ” tandasnya.

Sekedar informasi, kegiatan ini akan diadakan dalam enam bulan sekali dengan melibatkan tim dari Puskesmas Parungkuda, Unit Pelayanan Kesehatan Kecamatan, BPD serta warga desa.

Laporan : BA

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove