Komnas HAM RI Kunjungi Pemkab Sukabumi

SUKABUMI, INFODESAKU – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) melakukan kunjungan Kerja ke Kabupaten Sukabumi. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono, dan dipimpin oleh Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM Ir. Johan Efendy. Rabu, (28/02).

Menurut Johan, tujuan kunjungan Komnas HAM ini dalam rangka mencari informasi terkait penyegelan Masjid Al-Furqon milik Jemaah Ahmadiyah di Kampung Parakansalak, RT 02/02, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi pada tanggal 26 Agustus 2016 lalu.

“Kami ingin menggali informasi atas pengaduan dari warga Parakansalak, kemudian kami (Komnas HAM) menindaklanjuti dan mengkonfirmasi pengaduan itu, ” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono menjelaskan bahwa kedatangan Komnas HAM hanya ingin mendapatkan informasi terkait situasi terkini di Parakansalak.

“Kita menjawab bahwa sekarang situasi di lapangan kondusif setelah ada penyegelan, dan memang ada kegiatan-kegiatan yang keluar dari keputusan bersama tiga Menteri. Dilapangan sebetulnya saling menghargai dan menghormati, tapi karena ekslusifitasnya mereka yang tidak mau bergabung dalam melaksanakan ibadah bersama masyarakat, sehingga menimbulkan permasalahan, sehingga dianggap oleh Ormas Islam lain termasuk MUI bahwa kegiatan-kegiatan mereka ada penyimpangan,” papar wabup.

Wabup berharap, dengan datangnya Komnas HAM bisa meluruskan dan mencarikan solusi atas permasalahan ini, sehingga kedepan muncul suatu kesepakatan bersama tanpa ada yang disudutkan dalam menjalankan ibadah.

“Saya berharap kedepannya harus saling menghargai keputusan kesepakatan bersama, termasuk juga dari pihak jemaah Ahmadiyah untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan dan kesepakatan. ” pungkasnya.

Laporan : BA

Related posts

Sosialisasi Perda Kemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sukabumi, Ini Tanggapan Ketua Komisi IV

255 Peserta Semarakkan Kegiatan Pasang Giri Ibing Silat Antar Paguron

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan