Lestarikan Penca Silat Cimande dan Budaya Kearifan Lokal

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka melaksanakan program pelestarian silat Cimande, Pusat Penca Silat Aliran Cimande (PPSAC) yang didukung Disbudpar Kabupaten Bogor, bulan April mendatang akan menggelar Festival Open Original Cimandean Ke-IV (Empat) Se-Kecamatan Caringin yang berpusat di Pendopo Kampung Tarikolot, Desa Cimande. Kamis, (15/03).

Wa Dama sapaan akrabnya saat dijumpai di Saung Pelestarian Penca Pusaka Cimande, ia menginformasikan festival yang akan digelar nanti.

“Festival kali ini merupakan yang ke empat (4), dan akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 7 dan 8 April 2018, program Festival ini didukung oleh Disbudpar Kabupaten Bogor,” ujar Generasi Pendiri PPSAC tersebut.

Lanjutnya, Ia menyampaikan, peserta Festival ini akan diikuti berbagai perguruan silat yang ada dilingkung Seni Se-Kecamatan Caringin.

“Pesertanya masih dilingkung Seni se-Kecamatan Caringin, jika menggelar Se-Kabupaten Bogor tempatnya tidak memadai, adapun penilai atau juri sendiri dari PB IPSI Kabupaten Bogor,” terangnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, bahwa makna dan pesan moral dari kegiatan yang digelar tiap tahun tersebut, agar budaya ini terus berkembang dan tidak terkikis oleh zaman.

“Budaya Cimande yang telah dikenal sampai ke manca negara menjadi suatu kebanggaan dan harus dilestarikan, terutama warga Cimande dan yang ada dilingkung Kecamatan Caringin harus mengenal budaya kearifan lokal seperti Peragaan Original Cimandean diantaranya Adu Bincurang, Parebut Seeng dan Selancar Cimandean, generasi penerus patut ditumbuh kembangkan rasa cinta terhadap budayanya,” pintanya.

“Saya berharap dengan diadakannya festival ini dapat membentuk karakter anak dari sejak dini yang berbudaya, karena didalamnya terdapat unsur-unsur pendidikan. Diharapkan anak-anak yang telah dibina dapat menjadi penerus dan pelestari budaya cimande sebagai kearifan lokal.” pungkas pria dengan ciri khas rambut gondrongnya.

Laporan : FAUZI/TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%