Exotic Air Terjun Citarik Si Perekat Jodoh nan Menawan

GARUT, INFODESAKU – Berlokasi di Kampung Citarik, Desa Sakawayana, Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.  Air terjun atau warga sekitar biasa menyebutnya curug Citarik  dengan ketinggian 23 meter, air yang mengalir berasal dari situ ( danau ) Citarik dengan debit air yang sangat besar meskipun dimusim kemarau.

Air Terjun Citarik yang terkenal dengan istilah Curug perekat jodoh itu sudah dikenal di seputaran warga sekitar, yang mana mempunyai makna bila datang ke air terjun tersebut akan mendapatkan jodoh bila traveler masih jomlbo dan yang sudah punya pasangan bila datang ke Air Terjun Citarik tentunya akan langgeng.

Iwan Suhada selaku warga sekitar menuturkan, sejarah Air Terjun tersebu sangat erat kaitannya dengan Makam keramat Asem, di area pemakaman tersebut ada pohon asem yang usianya sudah ratusan tahun.

“Dipemakaman tersebut ada anak turunan dari Sunan Gunung Djati yaitu yang bernama aki Wikanta anak dari Haji Yasin dan nini Ceni yaitu anak dari uyut Impung turunan dari Prabu Geusan Ulun, keturunan dari Pucuk Umun salah satu keturunan dari Sunan Gunung Djati,” ujarnya.

Pantauan tim Infodesaku saat dilokasi Air Terjun tersebut, sudah banyak pengunjung yang datang terutama kaum hawa. ketika traveler berada dilokasi air terjun citarik, traveler akan betah berlama-lama bermain air disana sambil  menikmati keindahan alam sekitar, selain panorama alamnya yang asri juga  wisatawan akan disuguhi dengan indahnya gemericiknya aliran air sungai cipedes yang bersahabat. Disamping itu, pengunjung bisa juga sambil wisata ziarah ke makam keramat Asem karena letak dari area pemakaman tersebut terlewati bila akan menuju ke Curug Citarik. Senin, (19/03).

Air Terjun Citarik memiliki banyak keunikan, mulai dari penduduk sekitar yang siap menyapa dan menyambut kedatangan para traveler bila akan berkunjung ke tempat wisata air terjun kebanggan warga Desa Sakawayana dengan penuh kehangatan. Air terjun tersebut menyimpan banyak sejarah dan mitos akan perekat jodohnya, hal tersebut menjadi salah satu daya magnet tersendiri disamping keindahan alamnya yang sayang bila sampai terlewatkan oleh para traveler.

A. Isra selaku Kepala Desa Sakawana Kecamatan Malangbong Garut berharap, dengan dibukanya objek wisata Air Terjun Citarik atau Curug Citarik yang terkenal akan mitos perekat jodohnya  meningkatkan  perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau ingin menikmati wisata air terjun yang exotic di Malangbong Garut, air terjun inilah yang kami rekomendasikan terutama yang belum punya jodoh, dan kamu bisa datang ke Desa Sakawayana, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Tempat ini sedang ramai di kalangan traveler lokal karena pengen cepat mendapatkan pasangan,” ujarnya.

“Saya berpesan kepada warga agar bisa memanfaatkan dan mengembangkan setiap potensi yang ada dilingkungannya masing masing, terutama dalam persiapan akan banyaknya pengunjung yang akan berkunjung ke objek wisata Curug Citarik. Karena potensi desa tersebut adalah aset desa yang akan ditata sedemikian rupa.” Pungkasnya menambahkan.

Laporan : RIYADI

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu