Anggota DPR RI Komisi IX Gandeng Kemenkes RI Sosialisasikan Gerakan Hidup Sehat

SUKABUMI, INFODESAKU – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menggandeng pihak Kementrian Kesehatan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, di Gor Graha Mulya Bakti, Jalan Raya Siliwangi, Kampung Bangkong Reang, Desa Benda, kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Rabu, (28/03/2018).

Anggota DPR RI Komisi IX, Dr. Ribka Tjiptaning kepada Infodesaku disela kegiatan menjelaskan, Sosialisasi ini sangan penting agar masyarakat kembali bisa berprilaku sehat.

“Ya, mudah-mudahan dengan adanya gerakan sehat ini masyarakat kembali bisa berperilaku sehat, karena sehat merupakan hak warga negara yang harus terpenuhi. Kegiatan ini juga disambut dengan antusias oleh ratusan masyarakat setempat,” papar Ribka.

Lanjutnya, Ia menambahkan, dirinya mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa melakukan cara pola hidup sehat, dari mulai menjaga pola makan yang teratur, perbanyak minum air putih, membiasakan beraktivitas dengan cara jalan sehat, serta rajin memeriksakan kesehatan ke Puskesmas.

“Pola hidup sehat itu sebetulnya tidak mahal apalagi di wilayah sukabumi banyak buah dan sayuran, karena makan sehat itu tidak harus mahal,” pesannya.

Hal senada disampaikan Direktur Kemenkes RI, Asjikin Iman Dahlan, Ia menjelaskan, kondisi kesehatan sangatlah penting, oleh karena itu mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat bisa sadar pentingnya hidup sehat.

“Pola hidup sehat itu tidak sulit apalagi di sukabumi. bahkan banyak buah dan sayuran yang dikirim ke luar kota, kenapa tidak kita sisakan untuk konsumsi keluarga. Dan jangan lupa kita mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS, karena melalui program BPJS kita dapat saling membantu yang sakit,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Desa Benda, Asep Perdiansyah menambahkan, bahwa permasalahan kesehatan itu menjadi hal yang utama dilakukan pihak desa terutama dalam membantu masyarakat,namun desanya masih kesulitan untuk mewujudkannya karena kurangnya sarana seperti belum memiliki Ambulance.

“Desa kami mempunyai sedikit kesulitan karena belum memiliki Ambulance sebagai transportasi disaat warga membutuhkan. Oleh karena itu, kami berharap kepada Ibu Ribka Tjiptaning sebagai Politisi sekaligus tokoh kesehatan mudah-mudahan dapat mengupayakan bantuan tersebut untuk warga kami.” Pungkasnya.

Laporan : RIYAN/ILHAM

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata