Budi Aksomo : Terkait Sosial, BPBD dengan Siskomdes itu Bagai Dua Sisi Mata Uang

BOGOR, INFODESAKU – Budi Aksomo selaku Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor yang hadir mewakili Bupati, memberikan sambutan di hadapan anggota dan tamu undangan saat merayakan hari jadi yang pertama Sistem Komunikasi Desa (Siskomdes) Gadog, Kecamatan Megamendung. Sabtu, (31/3).

Budi Aksomo yang juga tercatat sebagai salah satu Dewan Pembina Siskomdes Gadog mengakui bahwa Wilayah Kabupaten Bogor seperti Puncak termasuk Kecamatan Megamendung dan sekitarnya itu seringkali menjadi langganan serta rawan bencana alam seperti longsor, banjir dan bencana lainnya.

“Siskomdes Gadog ini kan terbentuk dalam kegiatan sosial, salah satunya ikut dalam penanganan bencana serta penanggulangannya, khususon untuk wilayah Gadog maupun Megamendung. Kiprah mereka dengan BPBD itu seperti dua sisi mata uang, artinya tidak dapat dipisahkan bilamana ada terjadi bencana alam dan penanggulangannya,” terangnya.

Masih menurut Budi, lanjut Ia, tidak hanya diwilayah itu saja, terbukti wilayah lainpun ketika terjadi bencana dibeberapa titik temen-temen Siskomdes ini selalu hadir dan selalu memberikan informasi dilapangan saat pertama kali terjadi bencana.

“Informasi mengenai bencana alam itu sangat kami butuhkan dan yang disampaikan oleh mereka itu selalu A1 dengan kata lain uptodate, siaga cepat dan tepat, intinya kami sangat terbantu,” tutur Budi, saat ditemui disela-sela kegiatan.

Dirinya beranggapan, tentunya dengan semua penyajian informasi tersebut, kami selaku BPBD Kabupaten Bogor sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya serta mendo’akan dengan hari jadinya Siskomdes Gadog yang pertama ini semakin sukses dan selalu memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

“Semoga semua Desa di 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor seperti di Kecamatan Megamendung ini akan segera terbentuk Siskomdes secara merata dan menyeluruh, terutama wilayah-wilayah yang terindikasi rawan bencana dan fungsi sosialnya itu tadi sangat menonjol sekali, dan kami dari BPBD Kabupaten Bogor mengucapkan Wilujeng Milad Siskomdes Gadog.” pungkasnya.

Laporan : TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata