Babinsa Award 2018, Bentuk Penghargaan dan Apresiasi dari Korem 061/Surya kencana

BOGOR, INFODESAKU – Bintara pembina Desa (Babinsa) TNI AD merupakan aparat terdepan teritorial TNI AD yang sering disebut ujung sebagai tombak teritorial atau unsur terdepan dari mata rantai Pembinaan Teritorial yang berhadapan langsung dengan Masyarakat. Kata Danrem 061 /Suryakancana Kolonel Inf. Mochammad Hasan saat memberikan sambutan dalam acara Babinsa award Korem 061/Suryakancana Tahun 2018 di Mess Korem 061 Suryakancana, Sabtu (12/05/2018).

“Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional, melaksanakan tugas membina,membimbing dan mendukung percepatan pembangunan di Desa,” ujarnya.

Lanjut Danrem, Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ketempat kejadian, contoh saat ada banjir, gempa bumi, kecelakaan, bencana penyakit dan kejadian apapun ditengah Masyarakat, Babinsa selalu berada ditengah Masyarakat baik sebagai pembina Desa maupun sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan Masyarakat.

“Dalam melaksanakan tugasnya, Babinsa juga selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan aparat terkait di desa dan kelurahan juga tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda serta elemen bangsa Lain dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tugas yang diembanya,” tegasnya.

Untuk itu, masih kata Danrem, kegiatan penghargaan Babinsa Award 2018 adalah memberikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja Babinsa karena selama ini, Babinsa menjadi ujung tombak teritorial di Korem 061/Suryakancana, dalam bentuk Babinsa Award 2018.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan Babinsa Award yang artinya adalah suatu kegiatan untuk mengapresiasi kinerja Babinsa yang selama ini menjadi ujung tombak kegiatan pemulihan teritorial diwilayah Korem 061/SK yang dikemas dalam bentuk kegiatan lomba foto dan video yang diikuti oleh masyarakat umum, pelajar dan wartawan,” Tuturnya.

Selain  memberikan apresiasi kepada Babinsa, pada kesempatan tersebut Danrem juga memilih jajaran kepolisian melalui Babinkamtibmas terbaik sebagai mitra Babinsa dalam melaksanakan tugasnya di Desa.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Wakapolresta Bogor, Ketua IMO, Kasrem 061/Sk, Dandim 0606/Kota Bogor, Tokoh Masyarakat, Budayawan, Wartawan, perwakilan Danramil serta Babinsa di wilayah Korem 061/Sk.

Dari data yang berhasil dihimpun dari Penrem 061 /Suryakancana untuk  juara Lomba Foto dan Video Babinsa award 2018 adalah sbb :

Lomba Foto Kategori wartawan :

  1. Juara 1 Arif firmansyah (Antara)
  2. 2.Juara 2 Hendi Novian (Bogor In)
  3. 3.Juara 3 Rangga Firmansyah (Harian Metro)

Adapun Juara  Foto Kategori Umum :

  1. Juara 1 Rahmat Hidayat
  2. Juara 2 Iman Surya Afandi
  3. Juara 3 Erwin Kurniawan

Sedangkan untuk juara lomba video Babinsa Award kategori umum adalah :

  1. Juara 1 Purnawan
  2. Juara 2 Heru Yustanto
  3. Juara 3 Febriyana Suryadi

Kemudian, untuk Babinsa Berprestasi di wilayah Korem 061/Suryakancana tahun 2018 adalah:

  1. Juara 1 dimenangkan oleh Serda Slamet Babinsa Koramil 2202/Pelabuhan Ratu Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi.
  2. Juara 2 dimenangkan Pelda Ganda Babinsa Koramil 0806/Karang Tengah Kodim 0608/Cianjur.
  3. Juara 3 dimenangkan oleh Serda Chusna Babinsa

Laporan : Ilham/BA

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove