BPD Ciderum Tampung Aspirasi Warga Penyusunan RKPDes Tahun 2019

BOGOR, INFODESAKU – Badan Perwakilan Desa (BPD) Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) digelar di ruang aula kantor Desa. Kegiatan Musdes tersebut bermaksud penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2019. Nampak hadir tamu undangan dari berbagai elemen Unsur Muspika, tokoh masyarakat, praktisi pendidikan, bidan desa, Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat, serta pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kamis, (19/7).

Pada sambutannya Ketua BPD Didin Subandi mengatakan terimakasih kepada para undangan yang telah menyempatkan hadir dalam Musdes pengususnan RKPDes.

“BPD hanya mengundang dan menampung aspirasi saja adapun eskutor pelaksanaannya adalah pemerintahan desa,” ujarnya.

Sebagai narasumber dari unsur muspika kecamatan Taufik pimpin jalannya Musdes RKPDes. Taufik Menyarankan setelah diadakan musdes ini tidak ada lagi usulan tambahan pada Musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes)

“Berharap ditahun 2019 tidak hanya pada pembangunan dan infrastruktur saja, Lebih ditekankan pada bidang pemberdayaan masyarakat Desa,” harapnya

Ia menambahkan agendanya untuk di tahun 2018 ada tiga agenda pelaksanaan kegiatan ciderum, pertama perubahan pemetaan RKPDes 2018 dan APBdes 2018. Kedua membuat baliho sosialisasi yang diperoleh desa dan anggaran kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2018. Ketiga Penjaringan RKPDes  mana saja yang telah terkaper dalam RPJMDes.

“Tolok ukur keberhasilan kepala desa dilihat dari RPJMDesnya. Apabila RPJMDesnya terlaksana 90% saja itu sudah bagus,” kata Kasipem Caringin.

Sementara dalam kesempatan Musdes Ketua RW 002 Acih mengusulkan pertama ditahun 2019 agar diadakan pembinaan RW dan RT, kedua Kantor Desa segera dilakukan relokasi.

“Penting sekali ketua RW dan RT diberikan pembinaan agar dapat mengikuti perkembangan zaman supaya masing-masing Ketua RW dan RT tidak ketinggalan informasi dan memahami fungsi tugasnya. Diharapkan ditahun 2019 Kantor Desa dipindahkan tidak berada ditengah-tengah pasar.” harapnya.

Saat diwawancara Asep Hudri berharap pelaksanaan kegiatan kerja pemerintah berjalan lancar dan ia pun menanggapi usulan yang  diusulkan Ketua RW 002. Ia mengatakan Musdes RKPDes ini merupakan tahap usulan  dan menampung aspirasi setelah penyusunan RKPDes selesai lalu diserahkan kepada Pemerintahan Desa untuk disesuaikan dengan RPJMDes pada Musrenbangdes nanti dibahas bersama.

“Saya berharap keinginan atau usulan warga dapat terwujud sesuai harapannya. Ditahun 2019 Desa Ciderum masih prioritas pada sektor pembangunan dan infrastruktur karena ini yang dibutuhkan oleh warga masyarakat Desa Ciderum.” pungkasnya.

Laporan :
Fauzi

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata