Kelompok Tani Desa Cipareuan Kembangkan Pupuk Organik Cair Urin Kelinci

GARUT, INFODESAKU- Cibiuk merupakan salah satu Kecamatan yang berada sebelah utara Kabupaten Garut yang sebagian besar wilayahnya adalah lahan pertanian dengan otomatis mayoritas  penduduknya berpropesi sebagai petani, namun belakangan ini para petani di Desa Cipareuan menghadapai satu masalah yaitu mahalnya biyaya produksi.

Ketua kelompok tani desa, Endan mengungkapkan beberapa tahun terakhir para petani dihadapkan pada satu permasalahan yang diakibatkan  langkanya dan mahalnya pupuk serta obat- obatan penunjang pertanian, atas dasar tersebut kelompok tani Di Kecamatan Cibiuk bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) UPT Pertanian mengadakan musyawarah guna mencari solusi dari permasalahan tersebut.

“Dari musyawarah tersebut tercetus ide untuk memamfaatkan kotoran kelinci khususnya urine yang diubah menjadi pupuk organik cair (POC) sebagai pengganti pupuk kimia yang langka dan mahal, ide tersebut muncul setelah melihat potensi Desa Ciparean yang memiliki kelompok usaha ternak Kelinci,” ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut Kepala desa, Sudrajat memprioritaskan dan memasukan kedalam APBDes anggaran pemberdayan masyarakat khusus pengembangan ternak kelinci dan penolahan kotorannya untuk dijadikan POC.

“Kami sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan kelompok tani, sudah sepantasnya Kami mendukung kegiatan mereka,” pungkasnya.

Irman, petugas penyuluh pertanian mengatakan inovasi ini merupakan salah satu solusi dari permasalahan yang ada buah dari hasil pertemuan rutin dan pihaknya terus melakukan pendampingan terhadap kelompok tani dalam pengembangan POC.

“Pertemuan rutin selain memberikan penyuluhan tatacara bertani kami juga mengevaluasi kendala yang dihadapi para petani dan bersama- sama mencarikan solusinya,” terangnya.

Namun sayang inovasi tersebut belum mendapat perhatian pemerintah dan dinas terkait sehinga prosesnya masih dilakukan secara sederhana.

Berikut cara pembuatan POC dari urine kelinci

Bahan- bahan

– Urine Kelinci

– EM 4 Pertaniah/ Tanaman

– Molases Tebu/ Air larutan        Gula merah

– air putih

Alat- alat

– Jrigen

– Botol Air kemasan

– Selang water pas

Cara Pembuatan (Untuk 5lt Urine)

– tampung 5lt Urine Kelinci kedalam jrigen lalu masuka pula kedalam jrigen

– masukan 10ml EM4

– masukan 10ml molases/larutan air Gula merah

– aduk sampai merata

Setelah tercampur rata tutup rapat dengan penutup yang sudah tersambung selang yang terhubung dengan botol air kemasan yang terisi air setengahnya diamkan kurang lebih 20 hari atau sampai tak tercium bau urine baru bisa digunakan.

POC ini bisa digunakan sebagai pupuk daun dengan cara disemprotkan atau pupuk akar yang disiramkan langsung ketanah. Dengan POC ini maka biyaya produksi pertanian bisa ditekan dan bisa meningkatkan kwalitan dan kwantitas pertanian sehingga bisa meningkatkan kesejahtraan para petani.

Laporan: BHEGIN

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional