Desa Cibiuk Kidul Serius Budidayakan Ikan Nila

GARUT, INFODESAKU – Budidaya Ikan nila berkembang pesat di Indonesia dikarenakan iklim dan kondisi alam yang mendukung selain faktor kemudahan dalam membudidayakan ikan tersebut, ikan nila ini banyak dikembangkan oleh masyarakat dalam bak/kolam terkontrol maupun dengan jaring apung pada kolam air deras maupun danau dan sungai.

Melihat hal tersebut maka Pemerintah Desa Cibiuk Kidul Kecamatan Cibiuk secara serius akan mengembangkan budidaya ikan nila itu terbukti dengan menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan nila bagi 11 kelopok dua diantaranya kelompok perempuan sebagai mana dijelaskan oleh Kepala Desa Usep. Rabu, 5/9

Menurut Usep pelatihan ini bentuk keseriusan pemerintah desa untuk mengembangkan budidaya ikan nila dengan pertimbangan mudah dibudidayakan dan pemasarnya pun relatif mudah karena harganya yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, harapan dari kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahtraan masyarakat, mayoritas peserta adalah generasi muda, kegiatan ini didanai dari Dana Desa tahun anggaran 2018 untuk pemberdayaan.

“Setelah dibekali ilmu para peserta pun akan diberikan bibit ikan nila untuk dibudidayakan bersama kelompoknya masing- masing,” jelasnya.

Usep juga mekankan kepada para peserta untuk lebih serius dan penuh rasa tanggung jawab dalam membudidayakan ikan nila ini agar menghasilkan ikan nila yang berkualitas dan menjadi ekonomi andalan Desa Cibiuk Kidul.

“Jalani dengan serius dan tanggung jawab agar bisa menghasilkan ikan nila yang berkwalitas dan menjadi ekonomi andalan desa,” pungkasnya.

Salah satu peserta asal Kampung Nagrak RW. 01 Gilang mengungkapkan pelatihan ini sangatlah bermamfaat bagi kami selain mendapatkan ilmu juga membuka peluang usaha baru yang bisa mengurangi angka pengangguran usia produktiv serta akan meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

“Selain ilmu dari pelatihan ini membuka peluang usaha baru yang bisa mengurangi angka pengangguran usia produktiv,” ungkapnya.

Pelatihan ini selain dihadiri para peserta turut hadir pula Kasi PMD Kecamatan, pendamping desa, Babinkamtibmas dan BPD dengan pemateri langsung Dari Dinas Peternakan, Perikanan dan kelautan Kabupaten Garur.

Laporan: BHEGIN

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional