Warga Kelurahan Sepatan Ikuti Sosialisasi Antisipasi Kanker Serviks

TANGERANG, INFODESAKU – Bertempat di aula puskesmas Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang, warga Kelurahan Sepatan melakukan kegiatan sosialisasi tentang bahaya Infeksi Visual Asamasetat (IVA) sosialisai Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Human Immunodeficiency Virus (HIV), Kamis lalu (23/08/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri kepala UPT Puskesmas Kecamatan Sepatan beserta staf, Ketua Kader PKK Kecamatan Sepatan dan P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Kepada infodesaku, Dr. Christian Mayumi Semeru selaku narasumber menjelaskan tujuan pemeriksaan Infeksi Visual Asamasetat (IVA) adalah untuk mengetahui ada tidaknya Human Papiloma Virus (HPV) yaitu penyeban Kanker Serviks.

“Yang paling rentan terkena Kanker Serviks ada diusia produktif diantara umur 25 sampai umur 40 Tahun sebanyak 50% diantaranya tidak selamat (meninggal) di Indonesia terdapat penderita Kanker Serviks meninggal 1 orang/jam artinya sebanyak 24 orang dalam sehari semalam terjadi korban meninggal untuk itu sangat dianjurkan Skrining Serviks untuk mengetahui gejalah Virus HPV penyebab Kanker Serviks,” himbaunya.

Lebih jauh dijelaskan Christian memaparkan, Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seks (Vagina, Oral dan Anal) infeksi menular dengan berganti-ganti pasangan tidak menggunakan alat kontrasepsi dan jenis infeksinya yaitu G-O kencing nanah.

“Tak hanya itu, juga Klamidia, Herves, Hepatitis dan Jengger ayam, Infeksi Menular Seksual ( IMS) adalah pintu masuk HIV ( Human Immunodeficincy Virus) dimana penularan penyakit HIV melalui Darah, pengguna jarum suntik bergantian yang tidak steril, alat bikin Tatto tidak steril, alat Tindik dan pisau Cukur yang tidak steril, bagaimana Virus HIV menular perpindahan cairan tubuh, sex vaginal, sex oral, sex anal, kehamilan dan ibu menyusui Virus HIV tidak dapat menularkan melalui, gigitan nyamuk, bersalaman, pelukan, menggunakan peralat makan minum bersama dan toilet bersama,” jelasnya.

Sementara itu, dr. David Setiawan kepala UPT puskesmas Sepatan menambahkan, kegiatan ini sangat baik sekali sehingga masyarakat lebih tau terutama tentang kesehatan alat Reproduksi. Sebagai petugas kesehatan sangat menyambut baik program pemerintah kedepan, pemeriksaan IVA akan berkaloborasi dengan pemeriksaan IMS dan HIV harapannya akan lebih dirasakan oleh masyarakat Sepatan manfaatnya, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat setempat jarang-jarang bisa membantu pengetahuan masyarakat sepatan jadi mengerti penyakit yang membahayakan  sangat antusias sekali ibu-ibu berdatangan guna permeriksaan sesuai yg diarahkan oleh petugas di lapangan. Kegiatan ini semoga berjalan setiap tahunnya,” singkatnya.

Ditempat terpisah ketua kader PKK Kecamatan Sepatan Lili Tedy Muryanto sangat apresiasi dengan adanya kegiatan ini. Dikatakannya, kegiatan ini bukan yang kesekian kali diadakan di Kecamatan Sepatan.

“Warga Kecamatan Sepatan untuk ikut pemeriksaan Infeksi Visual Asamasetat (IVA) lebih baik mencegah dari pada mengobati,” himbaunya.

Laporan : USEN JR/ ABDUL HARIS

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove