Jelang Pilkades Tegalwaru Tim Teknis Inti dan Lapangan E-Voting Digembleng PTIK BPPT

BOGOR, INFODESAKU – Sebanyak 19 Desa dari 12 Kecamatan di Kabupaten Bogor akan dilakukan secara serentak pada 28 Oktober mendatang. Ada yang menarik dalam pilkades serentak kali ini, dimana 1 desa dari 19 desa tersebut, yakni Desa Tegalwaru Kecamatan Ciampea akan melakukan pemilihan kepala desa secara e-voting.

Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Bogor, Agus Lidwan membernakan hal tersebut. Dikatakannya bahwa itu merupakan tindak lanjut dari surat Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Nomor : B-349/PTIK/BPPT/SD/HM00.00/09/2018, DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Bogor melalui Seksi Aparatur Pemerintahan Desa telah menggelar pelatihan tim teknis inti dan tim teknis lapangan Kabupaten Bogor selama 2 hari dari tanggal 13-14 September 2018 di gedung Teknologi Informasi dan komunikasi.

“Dihari pertama pelatihan diisi dengan materi Tugas pokok dan fungsi tim teknis inti dan teknis lapangan, serta panitia pilkades, Tata cara membuat surat suara elektronik, Tata cara mengoprasionalkan aplikasi surat suara elektronik, Tata cara mengoprasionalkan aplikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Tata cara mengoprasionalkan aplikasi generator,” ungkapnya.

“Dihari kedua pelatihan diisi dengan Simulasi pelaksanaan pilkades secara elektronik (e-voting), Simulasi tanggap darurat mencangkup, Simulasi apabila perangkat hang (overheat), Simulasi apabila perangkat mati total, Simulasi apabila listrik padam, Simulasi tata acara mengirimkan form rekapitulasi hasil perolehan suara (Form Plano),” tambahnya.

Lebih lanjut Agus memaparkan, adapun jadwal yang diperlukan dalam rangka persiapan penyelenggaraan pilkade di Desa Tegalwaru, Kecamatan Ciampea yang sudah dilaksanakan yakni pelatihan tim teknis inti dan tim teknis lapangan serta tim manajemen di BPPT Serpong pada tanggal 13-14 September 2018.

“Sementara yang tengah dilaksanakan ataupun yang akan dilakansanakan diantaranya bimbingan dan konsultasi teknis dan non teknis pilkades elektronik, Sertifikasi panitia Desa Tegalwaru, Pelatihan pementapan tim teknis, Sertifikasi tim teknis dan perangkat, Pendampingan teknis dilapangan desa tegalwaru,” jelasnya.

Ditambahkan Agus, dalam rangka persiapan simulasi dan sosialisasi kepada masyarakat desa serta mengindetifikasi pemilih yang masih belum melakukan perekaman KTP elektronik di Desa Tegalwaru, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor masih menunggu Daftar Pemilih Sementara (DPS) dari panitia Pilkades Tegalwaru.

Laporan : YAS

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional