Pawai Obor Meriahkan Tradisi Bersih Desa di Bandar Khalifah

DELI SERDANG, INFODESAKU – Tradisi kegiatan bersih desa pada  Tahun  Baru Islam Muharram 1440 H oleh masyarakat Desa Bandar Khalifah, Kecamatan Percut Sei Tuan berlangsung meriah, Kamis malam (20/09).

Kagiatan yang diwarnai ratusan pawai obor lima ratusan warga masyarakat mengelilingi Desa Bandar Khalifah, serta diisi pembacaan Ayat Suci Al ‘Quran, D’oa bersama selanjutnya penyerahan hadiah lomba  tahtim, lomba masak, santuanan kepada 236 anak yatim, hiburan musik religi serta tausiyah  oleh Al Ustadz H. Irfan Yusuf yang dipusatkan dilapangan bolakaki.

“Tradisi bersih desa pada setiap Tahun Baru Islam di desa ini sudah menjadi kegiatan tahunan yaitu gebyar Muharram dengan menggelar berbagai kegiatan sosial dan perlombaan,” ujar Kepala Desa Bandar Khalifah Suparyo SH kepada infodesaku.

Dimana, lanjut ia, pelaksanaannya dimulai sejak 1 Muharram, selain melakukan kegiatan perlombaan dan kegiatan sosial juga dilaksanakan kenduri memotong seekor kerbau.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan silaturrahmi dan memperkokoh rasa kebersamaan terutama membangun desa dengan bersama-sama menggali kearifan lokal, budaya bangsa dan ukhuah Islamiyah, sehingga desa ini dari tahun ke tahun semakin meningkat dan maju,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan dihadapan ribuan umat muslim mengapresiasi atas inisiasinya menyelenggarakan kegiatan bersih desa dalam perayaan Muharram 1440 Hijriyah.

“Sesungguhnya peringatan Tahun baru Islam ini merupakan momentum bersama untuk mengintropeksi diri dan melakukan transformasi ke arah kondisi yang lebih baik sebagaimana yang diteladankan oleh  Rasulullah SAW. Karenanya  wajarlah dalam merayakan 1 Muharram 1440 H ini disambut dengan penuh kegembiraan dan antusias seperti  penyelenggaraan kegiatan Bersih Desa ini,” ungkapnya.

Masih kata bupati, karena dipercaya banyak keistimewaan yang tersirat didalamnya disamping rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa atas limpahan rahmat yang telah diberikannya kepada kita, sekaligus untuk mempererat hubungan silaturrahmi kekeluargaan dan kegotong royongan yang  merupakan nilai-nilai luhur bangsa kita dan harus dipertahankan.

Terpisah, Ustadz H. Irfan Yusuf dalam tausiyahnya mengingatkan, melalui momen tahun baru Muharram 1440 H ini hendaknya seluruh umat muslim untuk berhijrah kepada yang lebih baik.

“Karena sebaik-baik manusia, semakin bertambah umurnya semakin baik pula tingkah lakunya, semoga kita tergolong orang-orang yang beriman, karena orang-orang yang beriman mulia hidupnya dan bermanfaat bagi orang lain.

Laporan : ZUNI

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional