Tiga Desa di Kecamatan Sukaraja Mendapat Pelatihan SID

BOGOR, INFODESAKU – Puluhan perangkat dari tiga desa di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor mendapat pelatihan Sistem Informasi Desa (SID), ketiga desa tersebut adalah Desa Cikeas, Desa Nagrak dan Desa Gunung Geulis, yang secara bersamaan dilatih aplikasi SID, kegiatan dilaksanakan di aula kantor Desa Cikeas pada Jumat (21/09).

Hadir sebagai narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukaraja, acara ini dihadiri pula oleh puluhan perangkat desa sebagai peserta.

Menurut Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukaraja, Hendaya Zakaria, pelatihan ini bertujuan agar desa mempunyai database yang tepat dan akurat,  dari mulai jumlah penduduk, status, pekerjaan, juga potensi desa.

“Desa harus mempunyai database yang lengkap, tepat dan akurat, dengan adanya aplikasi SID ini segala sesuatu yang berkaitan dengan desa terdata dengan benar dan dapat dipertanggung jawabkan, apalagi saat ini menjelang akhir masa jabatan Kepala Desa,” papar Hendaya.

Di tempat yang sama, Erpan (25), Kasi Pemerintahan Desa Nagrak, sangat setuju dengan adanya  pelatihan ini, menurutnya aplikasi SID memudahkan Pemerintah Desa untuk mendata segala sesuatu yang berkaitan dengan desa.

“Pelatihan aplikasi SID ini sangat bermanfaat sekali buat kami sebagai perangkat desa, lebih memudahkan kami untuk pemutakhiran database desa, baik itu jumlah penduduk atau potensi desa, dengaan SID data yang tersajikan dapat akurat,” ujar Erpan.

Laporan : AJH

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional