Kedusunan Ciseupan Kalapanunggal Gelar Seren Tahun Paguyuban Adat

SUKABUMI, INFODESAKU – Kemeriahan pawai karnaval memamerkan segala rupa hasil bertani, kerajinan, pentas seni tradisional, tabligul islamiyah, santunan terhadap anak yatim dan orang jompo merupakan rangkaian kegiatan seren tahun di Kp. Ciseupan Rt. 21/07 Desa. Pulosari Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. Jum’at (12/10/18).

Habiburohman S.Ag. Msi. selaku Sekmat Kalapanunggal menyampaikan kepada infodesaku usai acara Paguyuban Adat di Ciseupan ini mengadakan kegiatan seren tahun merupakan kegiatan yang bersipat positif, kami tentunya pihak muspika mengucapkan terima kasih kepada seluruh petani.

“Istilah bagi – bagi rejeki menurut warga di sini dari hasil pertanian tentunya kami berikan apresiasi, mudah – mudahan di tingkatkan dan di pertahankan dan tidak menyalahi aturan agama karena merupakan tradisi saja kegiatan ini meminta yang baik kepada Allah SWT agar pertanian mereka itu lebih baik, lancar, dan berhasil,” imbuhnya.

Masi di tempat yang sama Wawan Cahyana Ketua Pelaksana. Tradisi kebudayaan adat, karnaval pawai merupakan kokompakan kesatuan persatuan masyarakat, di lanjut kegiatan agama seperti tabligul islamiyah santunan anak yatim dan orang jompo.Tujuannya Silaturahim dalam memperingati tahun baru Islam, Seren tahun ini meninggalkan tahun 1439 H sambut tahun baru Islam 1440 H

“Intinya masyarakat itu memeriahkan rasa syukur hasil karya- karya warga dari bertani, realisasi buktinya di perlihatkan sebagai tanda bersyukur terhadap Allah SWT jadi maaf tidak ada maksud dan tujuan lain, tetap kita meminta dan bersyukur kepada Allah SWT.

Untuk kegiatan seperti ini kedepannya pihak  Dinas Pariwisata mudah-mudahan berpihak,” tutupnya.

Laporan : Dev

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove