Anggaran Proyek Dana Desa Mekarsari Diduga Bermasalah

SUKABUMI, INFODESAKU – Sejumlah pekerjaan yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan Bantuan Gubernur (Bangub) 2018 di Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi diduga bermasalah.

Pasalnya, beberapa titik pekerjaan tersebut dinilai tidak sesuai spek dalam sisi kontruksi pelaksananya. Seperti halnya, pembangunan Irigasi dan MCK di Kampung Nangka dua, pembangunan jembatan di Kampung Panaruban, pengaspalan jalan di Kampung Cirende dan Irigasi di Kampung Nyangkokot.

“Atas dasar laporan masyarakat, dalam pengerjaan beberapa titik tersebut juga tidak melibatkan musyawarah masyarakat. Bahkan, dari segi pengucuran dana pun terlalu banyak potongan pajak yang diduga di lakukan oknum desa,” ujar Direktur Lembaga Kajian Kebijakan dan Transparansi Anggaran Sukabumi (LK2TAS) Febriansyah, kemarin (04/11).

Dugaan praktik curang tersebut pun kata Febri, semua pelaksanaan pekerjaan yang kisaran tiap titik itu memakan anggaran DD kisaran Rp 15_60 juta. Apalagi, Bangub yang dipergunakan untuk salah satu pengaspalan sekitara Rp 150 juta, namun belum satu bulan sudah rusak.

“Kami akan tembuskan laporan yang kami terima ini dan mendorong Inspektorat dan Kejaksaan untuk bisa segera melakukan pengecekan juga menindak lanjutinya,” tegasnya.

Salah satu warga Kampung Cirende RW 11 Anwari (60) mengakui setiap ada pembangunan di desanya tidak semua melibatkan masyarakat. Khusunya, dalam sisi proyek pembangungan.

“Yang saya tau, BPD juga tidak pernah dilibatkan dalam sejumlah pembangunan, seakan-akan ini adalah pembangunan milik desa sendiri, di tambah setiap ada pembangunan dari dana desa pajak yang di potong terlalu besar dari ketentuan,” terangnya.

Sementara itu, Kades Mekarsari H. Oman ketika di konfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp tidak memberikan tanggapan.

Dihubungi terpisah, Sekertaris Inspektorat Komarudin mengakui, pihaknya belum menerima laporan adanya ketidakberesan dalam penerapan dana desa di Mekarsari, Kecamatan Nyalindung.

“Dari data 17 desa di 2018 yang masuk laporan masyrakat, kades mekarsari tidak ada. Namun, tim akan diturunkan bila ada laporan tertulis dari masyarakat, nanti kita cek dulu ya kang,” tandasnya.

Laporan : BA/UJ

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove

1 comentar

Sugih 07/11/2018 - 11:34

Maaf kalau ini beritanya ngambil data dari mana yah .?

Add Comment