Abdikan Diri Bagi Warganya, Sosok Kades Asal Jember Ini Patut Ditiru

JEMBER, INFODESAKU – Ada yang menarik dari sosok kepala Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember yang mungkin jarang dimiliki oleh kepala desa lainya.

Bernama asli Gunawan, tak hanya di waktu jam kerja di siang hari, sejak awal menjabat yakni Tahun 2013 hingga saat ini, setiap malam dirinya tidak pernah absen untuk duduk di pendopo balai desa mulai jam 9 sampai jam 4 subuh demi melayani kebutuhan masyarakat.

Bukan hanya pekayanan, dalam hal pembangunan pun dirinya selalu berusaha memberikan kualitas terbaik dalam segi fisik.

Seperti dikatakan Kaur Pefencanaan Desa Paleran Ibnu Atok, dikatakannya, untuk membrikan kualitas terbaik dirinya tak ragu untuk melaksanakan diatas anggaran yang tertuang dalam RAB.

“Contoh RAB infrastruktur 100 juta, beliau selalu melaksanakannya diatas itu bahkan sampai 200 juta lebih sehingga sisanya dianggap hibah cuma-cuma, bisa anda cek langsung dilapangan nanti,” ungkapnya, Jumat (23/11).

Selain itu, lanjut Ibnu, dalam kegiatan sosial seperti program takziah pun tidak pernah absen sekalipun.

“Setiap ada warga meninggal selaku seluruh perangkat desa berbondong-bondong takziah berkostum hitam dan membawa 10 dua mineral dan beras 25 kg untuk keluarga musibah,” jelasnya.

sambung ia, demikian dengan kegiatan santunan kaum duafa dan anak yatim selalu diadakan setiap tahun dalam kapasitas besar dengan anggaran tidak kurang dari 100 juta.

“Dana itu sharing dari APBDes yang terbatas dan zakat pribadi beliau,” terangnya.

tak hanya itu, kegiatan majelis Sholawat khusus wilayah desa paleran yang besar seperti majelis Ruhha Al Habsyi dan Al Madinah, dua majelis itu sebagai icon desa paleran dalam sosial agama.

“Program jumat bersih yang melibatkan RT, RW, Kasun dan masyarakat dengan memakai kaos orange atau biasa kami sebut tim orange adalah program kebersihan lingkungan yang berkelanjutan setiap Jumat keliling antar dusun,” tandasnya.

Laporan : KN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau