Tim KKN UNDIP Latih Ibu-Ibu Buat Pestisida dari Bumbu Dapur

BLORA, INFODESAKU – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Diponegoro (UNDIP) Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora menggelar sosialisasi dan pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) belum lama ini.

Pelatihan digelar di Balai Desa setempat. Mulai dari pelatihan pembuatan hand sanitizer dari pelepah pisang, pembuatan sabun dari minyak jelantah hingga pembuatan pestisida dari bumbu-bumbu dapur.

Ketua PKK Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan, Blora Dewi mengaku, antusias warga sangat tinggi. Apalagi ibu-ibu diberikan berbagai resep dan ilmu pengetahuan.

“Iya, ibu-ibu juga diajari cara pembuatan hand sanitizer dari pelepah pisang, pembuatan sabun dari minyak jelantah, dan pembuatan pestisida dari bumbu dapur. Ini adalah ilmu baru bagi kita. Semoga ke depan bisa kami manfaatkan untuk membuat usaha baru bagi masyarakat kami,” ungkapnya.

Menurut Dwi, kelompok tani Desa Tutup senang saat mengetahui sisa-sisa rumput dan jerami dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Sebab, selama ini, jerami hanya terbuang sia-sia dan baru mengetahui jika fermentasi jerami dan sisa-sisa rumput dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

“Serta memiliki banyak kelebihan, mulai dari meningkatkan nilai gizi dan daya cerna pakan. Mengurangi limbah organik dan dapat mengurangi pengeluaran ekonomi yang ada,” ujarnya.

Koordinator Tim KKN Desa Tutup, Agum mengaku, selain kepada ibu-ibu, pihaknya juga melakukan pelatihan dan pemberdayaan kelompok tani. Yaitu dengan pembuatan pupuk kompos, pakan ternak dengan metode fermentasi anaerob, serta pembuatan pupuk cair dari sisa air cucian beras.

“Partisipasi masyarakat sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari ramainya ibu-ibu yang hadir dan aktif bertanya. Serta antusias untuk mencoba produk-produk yang dihasilkan,” terangnya.

Agum bersama Tim KKN Tematik UNDIP Desa Tutup berharap, dengan pelatihan yang dilakukan dapat meningkatnya produktivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tujuan diterjunkannya Tim KKN Tematik Undip ini adalah untuk mengembangkan potensi desa serta meningkatkan perekonomian yang ada dalam masyarakat. Dengan pelatihan–pelatihan yang ada harapannya dapat menambah wawasan dan motivasi untuk mengembangkan suatu usaha,” pungkasnya.

 

Laporan: INDES JATENG / Eko Arifianto

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi