Pemdes Cibalung Bogor Realisasikan Pendapatan Belanja Desa Tahun 2018 Berdasarkan Aspirasi dan Kebutuhan Warga

ADVERTORIAL

BOGOR, INFODESAKU – Pendapatan Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor tahun 2018 Sebesar Rp. 2.527.914.118,- masing-masing anggarannya bersumber bantuan dari anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Angagran Belanja Pendapatan Daerah (APBD), dan Provinsi diantaranya Dana Desa (DD) Rp.1.223.748.114,- Alokasi Dana Desa (ADD) Rp. 534489523,- Dana Bantuan Provinsi Jawa Barat (BANPROV) Rp. 115.000.000,- Dana Bagi Hasil Pajak Retribusi Daerah (BHPRD) Rp. 13.597.248,- Bantuan Keuangan Kabupaten Bogor Rp. 347.398.000,- Anggaran tersebut telah dimanfaatkan untuk giat program kerja desa yang diperuntukan membangun desa ke berbagai leading sektor. Anggaran desa tersebut terserap dibelanjakan oleh desa 26 % Bidang penyelenggaraan pemerintahan desa Rp. 652.609.523,- 66 % Bidang pembangunan desa Rp. 1.669.637.355,- 5% Bidang pembinaan masyarakat Rp. 126.267.240,- 0,5% Bidang pemberdayaan masyarakat Rp. 14.000.000,- 3% dan Pembiayaan Lainnya Rp. 65.000.000,-. Senin, (18/02).

Oleh Pemdes Cibalung Dana Desa 2018 digunakan untuk betonisasi jalan terletak di kampung pangrasan ke kampung Jonggol RW 04 ke RW 05 besaran Volume 1.560Meter x Lebar 3Meter x Tebal 15Cm, Kegiatan Padat Karya yaitu pelksanaan pembersihan dan perawatan drainase dan gorong-gorong. Ditahun 2018 (RTLH) Desa Cibalung telah merealisasikan kepada 34 Kepala Keluarga (KK) dimana tekhnis pelaksanaannya mengikuti setelah pencairan dana, dana tersebut didapatlkan dari (APBD) Kabupaten Bogor. Sementara betonisasi jalan desa tereletak di kampung muaracideng di RW 04 besaran volume dengan Panjang 250Meter x Lebar 2.8Meter x Tinggi 12Cm bersumber dari dana Bantuan Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan hasil wawancara bersama pihak pemerintahan desa, Tahun 2018 menurut Kepala Desa, Rusyadi dirinya mengatakan telah merealisasikan pembangunan dibidang infrastruktur jalan desa sebanyak dua titik, dua titik tersebut yakni hasil kesepakatan bersama saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) ditahun 2016.

“Pemanfaatan Dana Desa bantuan dari APBN itu telah disepakati bersama pada (Musrenbangdes) hasil keputusan bersama diperuntukan untuk betonisasi jalan desa sebanyak dua titik dilokasi yang berbeda. Sementara kegiatan padat karya tunai disesuaikan dengan program pemerintah tahun 2018, bahwa dana desa harus diperuntukan pada program tersebut. Agenda program kerja tersebut telah direalisasikan berdasarkan menurut aspirasi dan kebutuhan warga kami. Sementara untuk satu titik lagi betonisasi jalan desa itu dananya bersumber dari dana (BANPROV) sebanyak Rp. 115000.000,-,. Selain pada bidang infrastruktur dana desa tahun 2018, digunakan untuk permodalan bumdes,” ujarnya.

Masih Kata kepala Desa, dirinya mengungkapkan terimakasih atas dana bantuan dari Kabupaten Bogor, program bantuan untuk bangun atau rehab rumah hingga warga kami dapat tinggal dirumah dengan kondisi layak huni. Untuk diketahui waktu Pencairan dananya digelontorkan oleh pmerintah sebanyak dua kali, termin ke satu penerimanya sebanyak 17 (KK) dan untuk sisanya ditermin kedua.

“Dari tahun-ketahun progres membangun atau merehab rumah (RTLH) dilingkungan Desa Cibalung terus meningkat hingga rumah kondisi tidak layak huni terus berkurang. Program dari Kabupaten Bogor sangat membantu warga. Kedepannya berharap pemerintah terus meningkatkan anggaran bantuan tersebut dilihat dari kebutuhan biaya membangun atau merehab rumah, agar benar-benar tuntas sesuai harapan Program Karsa Bogor Membangun Dan Sehat,” harapnya.

Sekedar untuk diketahui tahun 2018 Desa Cibalung meraih berbagai prestasi dan penghargaan, diantaranya juara satu lomba desa tingkat Kabupaten Bogor, Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa terbaik SeKabupaten Bogor, Kelompok Tani Desa terbaik dalam penanganan pangan dan dibidang Pendidikan yaitu Sekolah MTs Arrosyid raih juara satu Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) tingkat Kabupaten Bogor.

“Prestasi dan penghargaan menjadi motivasi untuk lebih semangat dalam etos kerja dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Bagi masayarakat yang telah mengharumkan desa, Pemdes dan segenap jajaran desa mengucapkan terimakasih atas hasil dan prestasi yang didapat,” ungkapnnya.

Diakhir perbincangannya Kepala Desa menuturkan ditahun 2019 Pemdes Cibalung akan terus berupaya mewujudkan visi misi kepala desa untuk menuntaskan program masa kerja satu periode kepala desa untuk memajukan dan mengembangkan potensi desa. Dengan langkah dan upaya melakukan inovasi dalam mengangkat potensi desa hingga dapat dikenal keluar daerah.

“Mewujudkan visi misi kepala desa tidak terlepas dukungan dari warga dan masyarakat, Masa jabatan saya sebagai kepala desa hingga tahun 2020 jadi ada dua tahun lagi, dari sekarang kewajiban sebagai kepala desa masih ada waktu untuk tuntaskan program kerja jangka panjang kepala desa. Sejalan dengan program pemerintah daerah dan pusat. Upaya program inovasi desa akan direalisasikan ditahun ini.” pungkasnya.

Laporan : Fauzi

Related posts

Publikasi Kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Iwan Setiawan Akan Bangun Akses Jalan Kawasan Wisata Lebih Baik, Untuk Mendorong Babakan Madang Sebagai Wilayah Destinasi Wisata

Iwan Setiawan Pastikan Pengamanan Idul Fitri 1444 H Berjalan Dengan Baik