Gunakan Dana Desa Tahap Satu Tahun 2019, Pemdes Cibalung Betonisasi Jaling dan TPT

BOGOR, INFODESAKU – Berdasarkan pagu anggaran yang telah tertuang pada RPJMDes-RKPDesa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 Yang telah disepakati bersama dalam Musrenbangdes Tahun 2017. Setelah Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2019 masuk pada Rekenig Desa sebanyak Rp. 290,621,599,-. Pihak pemerintah tak menunda-nunda waktu untuk merealisasikan Dana Desa tersebut yang telah digelontorkan oleh Pemerintah Pusat yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). (DD) tersebut dimanfaatkan oleh pihak Pemerintah Desa diperuntukan pada pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) dan Jalan Lingkungan (Jaling). Senin, (21/05)

Ditemani Bhabinsa, staf Desa, Ketua Tim Pelaksana Kerja (TPK) dan Ketua RT dan RW, Kepala Desa Cibalung Rusyadi meninjau lokasi kegiatan pelaksanaan pembangunan. Pantauan media berdasarkan informasi pada papan anggaran kegiatan, pembangunan (TPT) menghabiskan biaya Rp. 186.450.000,- Dengan Volume P. 90M X T.1.5 yang berlokasi di RT 01 RW 07 bertempat di Kampung Bojong Menteng. Sementara dua titik difokuskan betonisasi Jaling di Kp. Babakan RT. 01/01 dengan Volume P. 363M x L. 1M menghabiskan biaya Rp. 28.930.000,- dan di RT 03 RW 01 Volume P. 498 x L.1M biaya Rp. 38.790.200,-.

Menurut Kepala Desa, kepada media dirinya mengatakan (DD) tahap satu Tahun 2019 dialoaksikan pada TPT dan Jaling yang direalisasikan tiga titik sesuai pagu anggaran yang telah disepakati bersama dalam musrenbangdes tahun 2017. Dititik pertama di RT 01 RW 01 telah tuntas dilaksanakan selama tujuh hari, sementara Di RT 03 RW 01 dan di RT 01 RW 07 dalam tahap pengerjaan dikerjaakan dibulan Romadhon digeber siang dan malam, pada malam hari dilaksanakan sampai pukul tiga dini. Sementara satu titik lagi di kampung Garung di RT. 04/02 dengan anggaran biaya Rp. 36.451.399,- akan dilaksanakan di bulan syawal.

“Alhamdulillah, walaupun dikerjakan dibulan romadhon dapat dilaksanakan, semangat yang bekerja dan antusiasme warga berkeinginan bergotong royong, pihak pemerintah sangat mengapresiasi keikutsertaan warga dalam pelaksanaan betoninasi jaling di RT 01 dan RT 03 RW 01, untuk satu titik akan dilaksanakan dilan mendatang. Kami berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat jalan untuk kepentingan umum ini, hingga jelang idul fitri warga dapat merasakan manfaatnya dengan kondisi jalan yang layak dan nyaman untuk dilintasi,” ujarnya.

Diwaktu bersamaan Ketua TPK, Asep Hermawan ia menuturkan untuk tekhnis pelaksanaan ini yaitu melibatkan RT, RW, warga dan tenaga ahli atau kerja tukang bangunan. Tenaga ahlinya asli dari warga Desa Cibalung RW 07. diketahui bahwa kondisi TPT yang ada itu kondisinya mengkhawatirkan bahkan hampir akan longsor.

“TPT dibangun untuk mencegah terjadinya longsor dan akan dibangun lebih kokoh lagi. Setelah pembangunan TPT ini tuntas akan dilanjutkan betonisasi jalannya. Diharapkan pelaksanaannya sesuai apa yang telah direncanakan dan hasil atau manfaatnya dapat dirasakan oleh warga Desa Cibalung khususnya warga RW 07,” tuturnya.

Ditempat terpisah, dilokasi RT 01/01 Kampung Babakan di titik betonisasi jaling yang pelaksanaannya telah selesai mencapai 100 persen. Junaedi Abdillah Warga RW 01 dirinya kepada wartawan mengaku bersyukur, senang dan bahagia.

“Atasnama masyarakat warga asli RW 01 sangat bersyukur, senang dan bahagia jalan lingkungan disini telah dibetonisasi. Kami berterimakasih kepada Pemerintah Desa yang telah merealisasikan program kerja kepala Desa. Dimana manfaatnya selain jalan ini bagus layak dilintasi, khususnya bagi para petani menjadikan mudah untuk membawa hasil panen pertaniannya,” paparnya kepada awak media.

Menurut Junaedi ia menaruh harapan jelang pilkades mendatang jika kepala desa saat ini mencalonkan kembali, kami warga di RW 01 siap mendukung program-programnya.

“Dimata kami kepala desa saat ini merupakan sosok yang disukai warganya. Jarang pimpinan wilayah yang turut serta mau berjibaku turun langsung dalam pelaksanaan pembangunan kotor-kotoran bersama warganya. Ya diharapkan terpilih kembali diperiode berikutnya, Aamiin.” pungkasnya.

Laporan : Fauzi

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau