Akibat Adanya Peroyek Ayam, Warga di Sibukan Dengan Lalat

SUKABUMI, INFODESAKU – Akibat keberadaan Kandang ayam di sejumlah tepat Warga Kampung Kemban Kuning Hari Raya di Sibukan dengan keberadaan lalat yang menyerang warga tepatnya di Kampung Kembang Kuning Desa Munjul Kecamatan Ciambar. Kamis (06/06/2019)

Puluhan rumah warga di Kembang kuning di sibukan dengan keberadaan lalat yang setiap hari menyerang pemukiman, yang diakibatkan adanya keberadaan kandang ayam di beberapa tempat, terutama yang berlokasi di kandang Ayam Pangadegan yang mana lokasinya sangat dekat dengan pemukiman warga.

“Apalagi ketika usai ayam di panen maka lalatpun siap berhamburan menyerang pemukiman warga, kami selalu wargapun merasa terganggu dengan lalat-lalat yang setiap hari menyerang warga apa lagi ketika hari raya kan ketia warga sedang mempersiapkan hidangan buat hari raya lalatpun ikut sibuk menghampiri makanan,” terang Kocin kepada Infodesaku.

Kejadian tersebut di benarkan Mak Een (48) kalau ketika panen tiba lalat berterbangan ke rumah kami, terkadang kami untuk mengusir lalat menggunakan obat nyamuk bakar namun boro-boro mati lalatnyapun tidak mempan.

“Kami warga hapir setiap hari hanya menerima bertaburan lalatnya saja, saya berharap agar pihak pengelola kandang ayam agar memperhatikan permasalahan tersebut bagaimana agar lalat-lalat tidak mamasuki ke rumah warga, kemudian kami juga meminta pihak dinas terkait agar mengkrocek kadang-kandang ayamyang berlokasi tidak jauh dari ruamah warga tersebut,” ungkap Een

Sementara Ketua Komunitas Gabungan Pers Sukabumi (GPS), dirinya merasa prihatin ketika mendapat laporan dari warga yang mana hampir semua warga Kampung Kembang Kuning di penuhi lalat. Terutama ruamh warga yang jaraknya hampir berdekatan dengan kandang ayam.

“Menurut beberapa keterangan dari warga sekitar bahwa warga ketikan kandang ayam itu panen boro-boro di berikan hasil panen, Rtnya pun tidak kebagian,” ujar Budi

Lebih lanjut Budi berharap, agar pihak Dinas Peternakan melakukan kroscek terhadap kandang ayam tersebut,kemudian bagaimana dampak dari adanya kandang ayam tersebut masa lalat di biarkan berhamburan ke rumah warga.

“Harusnya pihak pengusaha kandang ayam dan pihak Dinas terkait bisa memberikan solusi, jangan hanya warga yang ke bagian bau dan lalatnya saja.” ketusnya

Laporan : Abdul Gani/BA

Related posts

IPSM Kecamatan Ciampea Adakan Diskusi Koordinasi Antar Pengurus

Lomba Olahan Pangan Warnai Peringatan Hari Jadi Bogor 541 Kecamatan Sukaraja

Dampingi Pembagian BLT DD, Begini Kata Petugas Pengamanan