Bimtek Anggota BPD Baru se-Kecamatan BL. Limbangan

GARUT, INFODESAKU – Anggota Badan Permusawaratan Desa (BPD) masa bakti 2019- 2025 dari 14 desa yang ada di Kecamatan Balubur Limbangan mengikuti bimbingan teknik di SOR Desa Limbangan Timur pasca dilantik di Pendopo oleh Bupati beberapa waktu yang lalu, Bimtek tersebut bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menjalankan tugas sebagai anggota BPD. Kamis, (4/7)

Hermanto selaku ketua panitia yang juga Sekretaris Desa Galih Pakuwon menjelaskan bimtek ini sengaja dilaksanakan satu lokasi dan disatukan se-kecamatan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi sesama anggota BPD se-kecamatan selaon itu agar mereka saling mengenal dan bisa saling berbagi wawasan dan pengalaman.

“Peserta sebanyak 90 orang dari 14 desa dengan pemateri dari dinas terkait dalam hal ini DPMD yang diwakili oleh Kabid Pemdes dan dari profesional bidang hukum, pelaksanan cuma satu hari,” jelasnya.

Camat Balubur Limbangan Drs. Arif Rumdana dalam sambutannya sebelum membuka acara mengingatkan bahawa BPD itu merupakan Mitra kerja Kepala Desa dan memiliki derajat yang sama karena sama-sama dilantik dan SK bupati.

“BPD itu mitra kerja pemerintah desa bukan penyidik kasus, pro atau pencari kesalahan PemDes dan menurunkan atau menggulingkan kepala desa.” tegasnya.

Sementara Kabid Pemdes Doni sangat mengapresiasi acara Bimtek yang dipanitiai oleh paguyuban sekretaris desa Limbangangan (Saba Desa) karena dengan kegiatan seperti ini dirinya merasa terbantu dalam menjalankan tugasnya sebagai pembina pemerintah desa.

“Pemerintah desa itu bukan hanya kepala desa namun didalamnya ada BPD yang memiliki kewajiban yang sama untuk memajukan desa dan memenuhi kebutuhan masyarakatnya,” tuturnya.

Iin salah satu anggota BPD Desa Cigagade yang merupakan wakil gender perempuan mengungkapkan dengan bimtek ini menambah, ilmu, wawasan dan pengetahuan serta mempererat tali silaturahmi anggota BPD se-kecamatan selain itu dengan bimtek ini anggota BPD bisa bekerja secara maksimal sesuai tupoksinya.

” Dengan adanya keterwakilan dari perempuan kebijakan desa bisa lebih seimbang dan desa menjadi lebih baik,” pungkasnya singkat.

Laporan: BHEGIN

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional