Akibat Bediang, 7 Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

BLORA, INFODESAKU – Sebanyak tujuh (7) rumah di RT 01/RW 07 Dusun Jajar Desa Pengkolrejo Kecamatan Japah, ludes dilalap si jago merah pada Senin (05/08) malam.

Kebakaran ini, pertama kali diketahui oleh pemilik rumah yang terbakar, Riki (25) sedang berteriak minta tolong kepada warga. Kemudian para warga berdatangan untuk berusaha membantu memadamkan api. Namun, api semakin membesar dan menjalar ke rumah disebelahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 7 rumah tersebut merupakan kepunyaan Riki (25), Jakiman (45),dan Sarmin (65). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 20.30 WIB malam, sejumlah kendaraan pemadam tiba di lokasi beberapa puluh menit kemudian.

Kapolsek Japah, AKP Yulianto mengungkapkan, ditengarai kebakaran hebat tersebut bermula dari nyala bediang, atau asap penghalau nyamuk yang biasa dinyalakan di kandang ternak. Warga setempat tak dapat berbuat banyak karena minimnya pasokan air di lokasi tersebut.

“Penyebab kejadian kebakaran rumah tersebut, diduga berasal dari api bediang di kandang sapi. Masyarakat berusaha memadamkan api namun tidak berhasil karena tidak ada air. Tidak ada korban jiwa, kerugian materiil mencapai Rp 500 juta,” terangnya.

Diketahui, rumah milik Riki berbentuk limasan sebanyak 2 buah (1 bangunan kandang sapi), rumah milik Jakiman berbentuk limasan sebanyak 3 buah (1 bangunan kandang sapi), dan rumah Sarmin berbentuk limasan sebanyak 2 buah.

Seluruh bagian rumah tersebut ludes, termasuk perabotan dan perhiasan, dan persediaan gabah yang ada didalamya.

Sekitar satu jam kemudian, pukul 21.15 WIB, sebanyak 5 kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Api yang telah membesar, membuat petugas membutuhkan waktu hingga dua jam untuk memadamkan api.

Laporan : Arf

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga