Paguron Mustika Putra Pasundan Meriahkan Hut RI Ke 74, Generasi Muda Harus Mampu Mencintai Budayanya

SUKABUMI, INFODESAKU – Paguron Mustika Pasundan di Hari Kemerdekaan RI ke-74 yang dilaksanakan di Lapang Babakan Peuduy Parungkuda dalam karnaval menampilkan berbagai kreasi seni budaya tepatnya di Jalan Raya Siliwangi Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Sabtu (17/08/2019) kemarin.

Selain mengikuti acara karnaval Paguron Mustika Putra Pasundan membuat Dongdang dan membuat kreasi krajinan tangan serta banyak lagi yang lainya.

“Kami bersama dengan rekan-rekan Paguron pun dalam acara malam kreasi seni tepatnya di Kampung Sukasirna dengan menampilkan berupa Pencak Silat, Debus, hingga seni calung.” terang Budi Arya selaku Pembina Paguron kepada Infodesaku Sabtu. (17/08)

Lebih lanjut Budi dirinya menambahkan selain seni Calung, Debus, hingga Pencaksilat kami memiliki kesenian tradisional juga ada Kacapi Suling, Waya Moderent, Lengser, Kesenian Lisung serta Parebut Seeng(Rebutan Seeng), yang insyaallah di setiap momen kegiatan kita akan tampilkan, itupun kalau pas kebetulan di Paguron Mustika Putra Pasundan tidak ada kegiatan di luar daerah.

“Harapan saya di hari kemerdekaan ini kedepan dengan semangan juang kedepan bagi generasi muda sekarang lebih meningkatkan lagi terhadap kesenian daerahnya, jangan sampai seni budaya kita kedepanya semakin pudar hingga di telan jaman. Mari bangkit unuk berjuang, tidak hanya ketika harus perang saja, di jaman sekarang ini kita harus bisa kretif inovatif tunjukan bahwa kita sebagai bangsa mampu membuat prestasi baik di tingkat Nasional mapun di tingkat Internasional.” ungkap Budi

Sementara Supardi selaku ketua Paguron Mustika Putra Pasundan, dirinya menya menyampaikan yang pertama saya ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 74, kami selaku putra daerah dan sekaligus ketua Paguron merasa senang bahwa di jaman serba canggih ini masih ada anak muda yang mau dan tertarik terhadap Seni dan Budaya, kemudian saya sangat berterimakasih terhadap keluarga besar paguron yang selama ini eksis dalam melakukan pengembangan seni budaya.

“Di momentum kemerdekaan ini kami bersama rekan- rekan bahu membahu dalam mengikuti guna memeriahkan rangkaian kegiatan Hut RI ini, kemudian khusnya bagi generasi sekarang saya berpesan agar lebih mencinta seni budayanya sendiri agar kedepan generasi yang akan datang bisa mengetahui peninggalan sejarah seni budaya yang kita cintai ini.” pungas Supardi

Laporan : Dev/BA

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga