Celentung Alat Musik Asli Selaawi Digandrungi Anak Muda

GARUT, INFODESAKU – Ribuan warga Kecamatan Selaawi tumpah ruah di lapangan kecamatan guna menyaksikan pagelaran Napak Jagat Pasundan yang digelar salah satu produsen rokok nasional. Sabtu, (28/ 9) kemarin.

Camat Ridwan Efendi menjelaskan acara ini merupakan pagelaran seni budaya Jawa Barat dan untuk malam ini Kecamatan Selaawi mendapat kepercayan dari panitia Napak Jagat Pasundan menjadi tuan rumah, ini merupakan satu kesempatan bagi kami untuk memprerkenalkan kesenian dan budaya lokal salah satunya musik tradisional dari bambu asli karaya putra Selaawi yaitu Celentung dan dimainkan oleh para generasi muda yang memiliki perhatian dan rada peduli terhadap kesenian tradisional.

“Celentung merupakan alat musik bambu yang bernada diatonis sehingga bisa memainkan berbai jenis lagu moderen,” jelasnya.

Ridawan Efendi juga mengngkakan agar lebih leluasa dan bisa menampilkan semua seni dan budaya yang ada di Selaawi maka pihaknya berencan untuk menggelar malam budaya pada bulan Oktober mendatang.

“Bulan depan kita tampilkan buda dan seni Selaawi yang tidak bisa manggung malam ini diantaranya seni Cigawiran sebuah seni buhun warisan ulama,” pungkasnya.

Sementara Agus pembuat alat musik Celentung mengungkapkan rasa gembirnya karena Celentung mulai dikenal dan digandrungi oleh masyarakat luas baik tua maupun muda, baik di Selaawi maupun di Jawa Barat.

“Celentung sudah mulai dilirik dan diminati masyarakat hal tesebut terbukti dengan adanya undangan mentas di TVRI bandung dan dibeberapa acara di luar Selaawi,” ungkapnya.

Laporan : Bhegin

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra