IACCB Serahkan Bantuan Sebanyak 106 Ekor Sapi Brahman Cros, Yang Diterima KPT Maju Sejahtera

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menerima bantuan 106 ekor sapi Brahman Cros, Launching Agro Techno Park dan Produk Turunan Ternak Sapi. Kegiatan seresehan serah terima bantuan sapi yang berlangsung di Desa Wawasan Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan. Senin, (30/09/2019).

Selain dihadiri Plt Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto, hadir pula Team Leader Indonesia Australia Commercial Cattle Breeding (IACCB) Mr. Boon, Asisten Deputi Perikanan & Peternakan Deputi Produksi & Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM RI Budi Mustopo.

Lalu, Anggota DPRD, Staf Manager Bank Indonesia Kanwil Lampung Anas Ihsanudin dan Kadis Koperasi & UKM Peovinsi Isron Fatchicar, Kadisbun & Peternakan Provinsi Kusnaedi Asisten dan para Pejabat Struktural terkait.

Serah terima 106 ekor sapi diantaranya 100 eko sapi Betina dan 6 ekor sapi Jantan atau Pejantan. Sapi tersebut diterima oleh Suhadi dari Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera yang beranggotakan 37 Peternak berasal dari Kecamatan Tanjung Bintang dan Kecamatan Tanjung Sari.

Dalam sambutan, Strategic Advisor Program IACCB Paul Boon sekaligus yang menyerahkan mengatakan, mengatakan bahwa bantuan sapi yang diserahkan sebanyak 106 ekor sapi, diantaranya 100 ekor sapi betina BX dan 6 ekor sapi jantan pejantan.

“Program IACCB bertujuan untuk meningkatkan populasi sapi di Indonesia. Dimana program IACCB melakukannya melalui kemitraan dengan delapan proyek di lima Provinsi di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, menurut Asisten Deputi Perikanan & Peternakan Deputi Produksi & Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM RI Budi Mustopo merasa bangga kepada Koperasi Maju Sejahtera yang telah berhasil mengembangkan dan telah melakukan 2 kali lelang sapi ternak.

“Pemerintah Pusat terus berupaya untuk meningkatkan produksi sapi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri dan Provinsi Lampung daerah sentra sapi potong terbesar di Indonesia,” jelasnya.

Ditempat yang sama Plt. Bupati Lamsel ini, H. Nanang Ermanto mengungkapkan rasa kebanggaannya karena, Koperasi Maju Sejahtera berhasil mengembangkan Sapi BX Australia dan berharap konsep kerjasama dengan IACCB terus dilanjutkan.

“Kita bangga dan peternak harus punya komitmen untuk merubah dari usaha samping menjadi usaha yang benar-benar menghasilkan nilai ekonomi tinggi,” katanya.

Lebih lanjut Nanang Ermanto, pihaknya sebagai orang nomor Satu di Lampung Selatan berharap kepada Pemerintah Pusat agar dapat terus memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya di Lamsel.

“Mohon kerjasama kementerian koperasi & UKM untuk dapat lebih banyak menggelontorkan bantuan-bantuan ke masyarakat Lampung Selatan,” pungkasnya.

Laporan : R.YS/KMF

Related posts

Jalin Sinergitas Bersama Tokoh Agama, Babinsa Nagrak Hadiri Wisuda Santri

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga