Kelompok Maju Bersama Mendapat Kunjungan Kerja Dari Kabid Dinas Perikanan Kota Bogor

BOGOR, INFODESAKU – Kelompok pembudidaya ikan lele Maju Bersama hadir memberikan solusi bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi keluarga maupun dalam menyediakan lapangan kerja serta upaya memenuhi ketersedian ikan tawar sebagai solusi masyarakat dalam mengkonsumsi ikan yang bersih dan sehat melalui sebuah sistem inovasi bioflok di Jalan Batara Bubulak RT. 1/ 3 no. 64 Ciluar kecamatan Bogor Utara. Senin, (30/9).

Masyarakat kelompok perikanan yang dimulai oleh beberapa orang pada tahun 2010 dalam perkembangannya kelompok ini secara legalitas hukum resmi berdiri secara organisasi pada tahun 2015 dengan diberikanya ijin organisasi dari dinas terkait, Komunitas yang tergabung dalam Kelompok Usaha Maju Bersama yang berjumlah 15 orang.

Ditemui di kediamanannya, Ketua Kelompok Ace Uskandardinata menuturkan tentang kegiatan usaha yang ada dalam kelompok Maju Beraama itu berupa usaha ternak lele dengan kegiatan sebagai berikut:
1. Pembenihan dan Larva
2. Pembesar sistem bioflok
3. Indukan sangkuriang
4. Sulier Saprodi
5. Pelatihan dan magang
6. Konsultan perikanan
7. Kontruksi dan enjinering.

” Melalui komunitas perikanan Maju Bersama bisa menjadi tempat studi dan rekreasi para sisiwa, tempat kuliner,” terangnya.

Ace juga berharap dengan kelompok usaha ini bisa berkembang kebidang kuliner dan study pariwisata yang sedang dicanangkan oleh pemerintah Kota Bogor dan dapat memberikan motivasi kepada masyarakar bahwa usaha ini bisa berkembang dan dipastikan terjamin kebersihannya, pakan yang di proses dengan bahan bahan yang membuat ikan lele menjadi bersih, yaitu sebuah permentasi susu, serbuk daun kelor, adapun pembuatan di lakukan di dalam tempat yang tertutup rapi.

“Dengan kelompok usaha ini bisa berkembang kebidang kuliner dan study pariwisata yang sedang dicanangkan oleh Pemerintah Kota,” Harapnya.

Sementara Sekretaris Kelompok Azis Muslim, S. Pd. I menjelaskan pokja ini mencoba sistem dP2MKP untuk dapat bekerjasama dengan pihak kementerian perikanan sehingga kelompok ini menorehkan prestasi gemilang menjasi juara 2 lomba kinerja kelompok tingkat kota bogor tahun 2016 atas prestasi tersebut Pemkot memberikan perhatian serius yang dibuktikan lewat pemberian bantuan indukan sangkuriang dari BBPBAT Sukabumi Thn 2017 sebanyak 10 paket (150 ekor), bantuan budidaya pembesaran sistem Bioflok dari KPP bln nopember 2017 sebanyak 1 palur (12 kolam), KKP dan BBPBAT sukabumi sebagai pembina dan bantuan kontruksi baja ringan untuk pembuatan bangunan semi permanen.

“Dengan semangat dan kerja keras kelompok budidaya ikan lele kami mendapat perhatian khusus pemerintah Kota Bogor dalam memberikan pendampingan,” ungkapnya.

Kabid Dinas Perikanan kota Drh, Arief Mukti W, MM bersama staf (4 orang) dalam kunjungan kerjanya pada tanggal 23 September 2019 yang meninjau langsung aktifitas kelompok masyarakat perikanan budidaya ikan lele dimana kelompok ini trus maju dan berkembang dengan adanya dukungan SDM dan kerja keras serta kerjasama yang dimiliki oleh komunitas kelompok Maju Bersama.

“Kelompok Maju Bersama selalu terbuka bagi semua golongan, tanpa kecuali yang mau belajar menjadi wirausaha di bidang perikanan,” pungkasnya.

Laporan : Nimbrod

Related posts

Luar Biasa! Desa Cilebut Barat Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Sadar Hukum

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional