Pemdes Palengaan Laok Gelar Musdes Susun RKPDes Tahun 2020

PAMEKASAN, INFODESAKU – Pemerintah Desa Palengaan Laok Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur Menggelar Musyawarah Desa tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020. Minggu (06/10/2019).

Musdes yang menjadi salah satu agenda rutin pemdes Palengaan Laok itu diikuti dari berbagai unsur mulai dari muspika Kecamatan Palengaan (Camat, Kapolsek, Danramil), PD, PLD, Perangkat Desa , BPD, Tokoh Masyarakat, Bidan Desa, PKK dan Karang Taruna Desa

H. Moh Sa’id Kepala Desa Palengaan Laok dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendengar, menampung setiap usulan dan kebutuhan masyarakat yang nantinya akan di tuangkan dalam bentuk RKPDes tahun 2020.

“Kegiatan ini untuk mengetahui apa yang diinginkan masyarakat di tiap-tiap dusun, dan tentunya tidak semua usulan bisa kita realisasikan, tetapi kita tetap menggunakan tolak ukur skala prioritas dan menyesuaikan dengan anggaran yang ada,” tutur Said Saat di temui tim wartawan Infodesaku

Ia Menambahkan, pembangunan Desa yang dibiayai dari dana Desa mencakup pembangunan fisik dan non fisik, pembangunan fisik dapat berupa pembangunan infrastruktur sedang non fisik bisa berupa kegiatan pemberdayaan.

“Pembangunan Fisik tidak mengenal kata selesai, sementara disini ada juga pemberdayaan. masyarakat perlu juga belajar,” tukasnya

Camat Palengaan H. Ach. Sukrisno S.Sos yang hadir sebagai Narasumber dari unsur Muspika mengapresiasi kegiatan tersebut, dan beliau mengimbau agar dalam penggunaan dana Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa dialokasikan sesuai aturan yang ada.

Sementara itu, Hozairi, Ketua BPD Palengaan Laok Masropen dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas partisipasi warga. Selaku wakil warga Masropen menegaskan sikap BPD yang siap menampung dan menyalurkan aspirasi warga agar menjadi salah pertimbangan dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa atau RKPDes 2020.

“Dan kami selalu siap mengawasi pembangunan yang lahir dari aspirasi masyarakat,” kata Masropen.

Zuhdi salah satu Tokoh Masyarakat mengingatkan agar Pemerintah Desa Palengaan Laok mengedepankan semangat dan asas keterbukaan atau transparansi dalam membangun desanya.

Ia menyambut positif komitmen kepala desa yang melihat pemberdayaan sebagai salah satu fokus dan program prioritas penggunaan dana desa.

Agar pemberdayaan bisa optimal Zuhdi mengingatkan agar pemdes Palengaan Laok jeli dalam melihat potensi yang mendorong kesejahteraan di desanya, baik di sektor pendidikan, kesehatan maupun lainnya.

“Tolong lihat potensi kita, lihat apa masalah kita tadi. Baru kita susun apa solusinya. Lalu berapa dan darimana sumber pembiayaannya,”ujarnya

Laporan : Chalik/Umam

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional